multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Pemerintah Pusat Siap Rekrut 134 Ribu PNS Tahun 2012

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Pusat siap merekrut 134 ribu orang pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2012. Rencananya, 72 ribu dari 134 ribu formasi PNS itu akan digunakan untuk perekrutan tenaga honorer kategori I (pegawai yang diangkat pejabat berwenang dan dibiayai APBN atau APBD sejak 1 Januari 2005).
Adapun sisanya untuk merekrut pegawai yang dikecualikan dalam moratorium PNS yaitu guru, tenaga kesehatan dan mendesak lainnya.

"Sesuai kesepakatan politik, 72 ribu formasi ini untuk pengangkatan tenaga honorer kategori 1 yang memang belum terselesaikan. Formasi PNS ini tidak serta merta diberikan terhadap kementerian atau pemerintah daerah, namun mereka harus mengajukan dulu permohonan perekrutan CPNS," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN dan RB), Prof Eko Prasojo, usai rapat koordinasi Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah (Forkompanda) di Hotel Puri Garden Semarang, Rabu (23/5).
Menurut dia, permohonan itu harus disertai analisis dan evaluasi jabatan, serta perencanaan lima tahun kebutuhan formasi tersebut. Permintaan tenaga dikecualikan dalam moratorium PNS ini baru teridentifikasi sebanyak 12 ribu dari 60 formasi umum yang telah disiapkan dalam Kementerian PAN dan RB.
Penerimaan  CPNS 2012  Pemerintah Pusat                          
"Formasi 134 ribu PNS tidak harus dipenuhi, itu hanya dihitung berdasarkan anggaran yang disediakan. Kalau (kementerian dan pemerintah daerah-Red) tidak mengajukan ya tak kami berikan formasi," tandasnya didampingi Sekda Jateng, Hadi Prabowo.
Penerimaan  CPNS 2012  Pemerintah Pusat                          
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Suko Mardiono menyatakan, sudah mengusulkan perekrutan PNS ke Kementerian PAN dan RB, tepatnya bulan Januari lalu. "Permohonan perekrutan ini masih dikaji, yang diusulkan antara lain ada tenaga kesehatan.
Penerimaan  CPNS 2012  Pemerintah Pusat                          
Untuk data jumlahnya, kami tidak ingat persis, datanya ada di kantor," ungkap Suko yang saat dihubungi masih menjalani tugas kedinasan di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (23/5).
( Royce Wijaya / CN31 / JBSM )

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive