multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tips Agar Bayi Bisa Cepat Tidur

Tips Agar Bayi Bisa Cepat Tidur
Ilustrasi
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Tips Agar Bayi Bisa Cepat Tidur - Sebagai seorang ibu, Anda harus memastikan bayi Anda memiliki waktu tidur yang cukup, tetapi beberapa bayi kadang kesulitan untuk tidur di malam hari. Hal ini mungkin karena lonjakan pertumbuhan atau respon terhadap periode perkembangannya.

Bayi kadang akan terbangun tengah malam dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat tidur lagi. Jika bayi Anda memiliki masalah tidur kronis atau berlangsung lama, periksakan anak Anda ke dokter.

Tetapi jika masalah tidur bayi berlangsung dalam periode yang lebih pendek, ada teknik sederhana yang dapat Anda coba di rumah.

Berikut 4 langkah yang dapat Anda lakukan agar bayi lebih cepat tertidur, seperti dikutip dari mom.me, Kamis (24/5/2012) antara lain:

1. Rutinitas relaksasi

Mandikan bayi Anda dengan air hangat dan gunakan lampu yang redup di kamar bayi untuk membantu menenangkannya. Persiapkan bayi Anda untuk tidur di kamarnya dengan tenang dan tanpa kebisingan.

Jika Anda melakukan tindakan ini sebagai bagian dari ritual malam hari yang konsisten, bayi akan menanggapinya sebagai sinyal bahwa waktu tidur sudah dekat.

2. Berikan stimulasi sentuhan

Anda dapat berbaring di samping bayi untuk membantunya merasa aman. Bayi suka mendengar detak jantung ibunya. Usap-usaplah pantat bayi secara perlahan untuk membantunya cepat tertidur. Stimulasi berupa gerakan atau suara detak jantung ibu dapat membuat bayi merasa nyaman dan akan tidur lebih cepat.

3. Mendisiplinkan jam tidur bayi

Aturlah jadwal tidur bayi dengan membangunkannya di waktu yang teratur setiap hari. Hal ini perlu Anda lakukan ketika bayi telah cukup besar agar bayi dapat beradaptasi dengan rutinitas sehari-hari orang tuanya.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengajarkan pada anak Anda untuk disiplin bangun pagi sejak bayi. Tetapi pastikan juga jam tidurnya telah mencukupi dengan membuatnya tidur lebih awal di malam hari.

4. Berikan kenyamanan pada bayi

Bayi perlu merasakan rasa aman dan diperhatikan. Jangan membiarkan bayi Anda menangis sampai tertidur. Semakin Anda menanggapi kebutuhannya, bayi akan merasa lebih aman dan lebih cepat tidur. - Tips Agar Bayi Bisa Cepat Tidur.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive