Cara Membuat KACANG GORENG

  1. PENDAHULUAN Kacang goreng adalah istilah untuk kacang tanah berpolog yang diolah melalui proses sangrai. Kacang goreng dapat disimpan lama karena kada airnya rendah.
  2. BAHAN

    1. Kacang tanah
    2. Pasir.
      Pasir digunakan sebagai bahan bantu dalam penyangraian yaitu untuk lebih meefektikan pengantaran panas ke kacang tanah.
  3. PERALATAN
    Alat penyangrai. Alat ini digunakan untuk menyangrai kacang tanah. Alat ini berupa silinder yang berputar horizontal yang digerakakn secara manual (dikayuh) atau diputar oleh motor. Penyangraian dapat juga dilakuakan dengan menggunakan wajan dari besi.
  4. CARA PEMBUATAN

    1. Persiapan
      Polong yang baru dipanen dicuci bersih, kemudian dijemur sampai kering.
    2. Penyanggraian
      1. Penyanggraian dengan Wajan
      2. Setelah kering, polong dimasukkan ke dalam wajan, kemudian ditambahkan pasir (separo volume polong yang digunakan), kemudian api dinyalakan. Selama apenyangraian dilakukan pengadukan sampai isi polong (biji kacangI matahari dan kering.
    3. Penyaringan dengan Alat Penyangrai
      Polong dimasukkan ke dalam selinder alat penyangrai. Setelah selinder ditutup kembali, selinder diputar dan api dinyalakan. Proses ini dilakukan sampai polong (biji kacang menjadi matang dan kering).
    4. Pengemasan
      Kacang goreng dikemas di dalam kantong plastik atau kotak kaleng yang tertutup rapat.
  5. KONTAK HUBUNGAN Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat, Jl. Rasuna Said, Padang Baru, Padang, Telp. 0751 40040, Fax. 0751 40040
    Sumber : Teknologi Tepat Guna Agroindustri Kecil Sumatera Barat, Hasbullah, Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...