multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Cara Membuat GAPLEK UBI JALAR

  1. PENDAHULUAN Gaplek adalah potongan umbi kering yang dibuat dengan proses penjemuran atau pengeringan dengan alat pengering. Rendahnya kadar air memungkinkan gaplek dapat disimpan cukup lama tanpa dirusak oleh mikroba.
    Seperti gaplek ubi kayu, pengolahan gaplek ubi jalar mudah dilakukan. Umbi dikupas, kemudian dicuci dan dipotong-potong. Setelah itu potongan umbi dijemur atau dikeringkan dengan alat pengering.
  2. BAHAN
    Umbi ubi jalar.

  3. PERALATAN

    1. Pisau dan talenan.
    2. Mesin perajang.
    3. Tempat penjemur.
    4. Pengering.
    5. Penggiling.
  4. CARA PEMBUATAN
    1. Pencucian, pengupasan dan Pemotongan. Umbi dicuci, kemudian dikupas, dan dipotong-potong. Semakin tipis dan kecil potongan makin baik, karena akan semakin pendek waktu pengeringan umbi.
    2. Penjemuran. Umbi dijemur di atas tempat penjemuran atau dikeringkan dengan alat pengering. Jika langit cerah penjemuran selesai 3 hari dan diperoleh gaplek kering yang mudah dipatahkan dan berbunyi jika diaduk-aduk. Kadar air gaplek kering harus kurang dari 14%.
    3. Penggilingan. Gaplek kering dapat digiling sampai halus (60~100 mesh) sehingga menjadi tepung gaplek ubijalar.
    4. Pengemasan. Gaplek irisan ataupun tepung gaplek dapat dikemas di dalam karung plastik atau disimpan di dalam kotak kaleng tertutup rapat.
  5. KONTAK HUBUNGAN Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat, Jl. Rasuna Said, Padang Baru, Padang, Telp. 0751 40040, Fax. 0751 40040
    Sumber : Teknologi Tepat Guna Agroindustri Kecil Sumatera Barat, Hasbullah, Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive