Adisi Asam Sulfat pada Alkena

Reaksi adisi merupakan suatu reaksi khas untuk senyawa-senyawa karbon, khususnya senyawa-senyawa golongan hidrokarbon tak jenuh dan juga senyawa karbon lain yang memiliki ikatan kovalen ganda/rangkap. Untuk adisi asam sulfat pada alkena, mula-mula perhatikan dahulu ionisasi asam sulfat. Setiap molekul asam sulfat melepaskan satu ion hidrogen.
H2SO4 → H+ + HSO4-
Selanjutnya ion-ion hidrogen, H+ itu menyerang alkena, baru kemudian ion hidrosulfat mengikat gugus alkil yang terbentuk. Misalkan senyawa alkena yang diadisi adalah etena.
CH2=CH2 + H+ → CH3CH2+ + HSO4- → CH3CH2HSO4
Nama senyawa yang terbentuk adalah etil hidrosulfat. Berdasarkan ikatannya, sebenarnya cara menulis rumus struktur etil hidrosulfat bukan seperti di atas. Rumus di atas hanya penulisan secara mudah saja dan memang rumus inilah yang sering digunakan. Rumus struktur yang sebenarnya adalah CH3CH2OSO3H. Asam sulfat sendiri jarang ditulis dengan menggunakan rumus struktur, karena tergolong senyawa anorganik. Rumus struktur hanya digunakan dalam senyawa karbon. Untuk senyawa anorganik, ketika diperlukan, barulah dituliskan rumus strukturnya. Rumus struktur asam sulfat adalah (HO)2SO2.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...