multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tidak berani melakukan penerimaan CPNS

MEDAN- Pemerintah pusat menyatakan membuka kembali, seleksi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Namun, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tidak berani memastikan akan melakukan penerimaan CPNS.

Setidaknya hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan BKD Provsu Kaiman Turnip saat di konfirmasi Sumut Pos, kemarin. Sikap ini menurut Turnip disebabkan belum ada konfirmasi langsung atau
pemberitahuan langsung, baik secara lisan maupun Surat Keputusan (SK) yang diterima Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provsu dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Kita belum bisa memastikan untuk melakukan penerimaan CPNS tahun ini. Karena belum ada pemberitahuan atau SK yang kita terima dari pusat,” akunya.

Menurutnya, sejauh ini BKD Provsu masih menjalankan aturan yang sebelumnya, terkait adanya moratorium atau penundaan penerimaan CPNS dari tahun 2011 lalu. “Masih sesuai dengan moratorium tahun 2011. Jadi masih menjalankan moratorium itu. Kita tunggulah perkembangannya nanti. Tapi dipastikan, kita belum mengetahui formasi yang disebutkan dari pusat dan kita belum mengajukan formasi ke pusat,” tegasnya.

Kuota CPNS 2012 Bisa Capai 60 Ribu

Dari Jakarta, kuota CPNS untuk 2012 ini ternyata belum dipatok mati pada angka 13.873. Peluang kuota bertambah lagi masih terbuka lebar karena instansi pusat dan daerah masih diberikan kesempatan  memasukkan usulan formasi CPNS 2012 hingga akhir Juni 2012. Formasi yang diusulkan dibatasi untuk kategori tenaga pendidik, kesehatan, dan mendesak. Bila lewat Juni 2012, usulannya akan dimasukkan untuk kebutuhan 2013.

Perlu diketahui, formasi CPNS untuk tahun ini dialokasikan sebanyak 72 ribu dari honorer, dan sekitar 60 ribu dari pelamar umum. “Untuk formasi tahun 2012, kami telah menerima usulan formasi dari 85 daerah, tetapi hanya 20 yang telah melengkapi dengan analisa jabatan, analisa beban kerja serta proyeksi kebutuhan pegawai hingga lima tahun ke depan,” kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Ramli Naibaho.

Bagi yang tidak melaporkan dengan benar, sesuai dengan kebijakan moratorium, tidak diberi alokasi formasi PNS.  “Bagi yang masih ingin mengajukan formasi, diberikan kesempatan hingga akhir Juni, karena sudah harus masuk dalam pembahasan APBN. Kalau memasukkan sesudah bulan Juni, maka akan masuk dalam prioritas untuk tahun 2013,” tambah Ramli.

Setelah usulan lengkap, terangnya, pemerintah akan menetapkan formasi CPNS. “Hingga saat ini kami belum menetapkan berapa formasinya. Karena data-data yang masuk masih harus dianalisis,” ujarnya.

Senada itu Kasubdit Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN) Petrus Sujendro mengatakan, untuk saat ini masih dalam tahap pemasukan usulan formasi CPNS dari kategori pelamar umum. Sedangkan honorer K1, kuotanya juga belum ditetapkan karena masih dalam verifikasi validasi tahap kedua. “Untuk formasi CPNS dari kategori pelamar umum dan honorer K1 belum ditetapkan. Kalau sudah ada pasti BKN diinfokan juga oleh Kemenpan-RB,” terangnya.
Sementara itu Sekretaris Menpan-RB Tasdik Kinanto mengatakan, jika formasi CPNS bisa ditetapkan Juli, maka seleksi CPNS reguler sudah bisa dilaksanakan Agustus.

“Kita harapkan Agustus bisa dimulai, tapi itu tergantung kesiapan daerah juga. Kalau tidak siap ya bisa molor. Yang jelas seleksi CPNS untuk pelamar umum akan dilakukan serentak agar satu pelamar tidak bisa melamar di beberapa instansi,” jelasnya.


Kumpulan Keterampilan (Usaha Dirumah)

  1. Cara membuat tahu
  2. Cara membuat tempe
  3. Cara membuat kecap dari kedele
  4. Membuat Keripik pisang
  5. Membuat bakso
  6. Membuat kecap dari bahan ikan
  7. Membuat nata de cacao
  8. Membuat abon sendiri
  9. Membuat minyak kelapa
  10. Membuat dendeng
  11. Membuat gula aren
  12. Membuat keripik pepaya
  13. Membuat kerupuk dari kulit buah melinjo
  14. Metode penyaringan air : 01, 02
  15. Instalasi air bambu tertutup
  16. Bak penampung berbahan bambu dan semen : 01, 02
  17. Instalasi air bersih tradisional
  18. Penjernihan air metode saringan : 01, 02
  19. Menjernihkan air dengan biji kelor
  20. Penjernihan air dengan cara kimia 1
  21. Penjernihan air dengan cara kimia 2
  22. Penyaringan air tanah dengan zeolid alami
  23. Tehnik menjernihkan air dengan arang sekam
  24. Bak penampung air dari mata air
  25. Membuat Jempeng, bak penyaring air ala Bali
  26. Mengeloladan memanfaatkan air gambut
  27. Membuat kakus Vietnam
  28. Membuat jamban septic tank ganda
  29. Mengelola limbah kakus : 01, 02
  30. Pompa Hisap Las
  31. Pompa hisap balok
  32. Pompa Tali

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive