multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Menurunkan Berat Badan Dengan Mangga dan Kulitnya

Menurunkan Berat Badan Dengan Mangga dan Kulitnya
Berat Badan
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Menurunkan Berat Badan Dengan Mangga dan Kulitnya - Kegemukan dan obesitas adalah masalah yang cukup mengganggu bagi banyak orang. Sayangnya upaya untuk menurunkan berat badan seringkali gagal karena kurang disiplin dalam menepati program diet. Untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, ada baiknya banyak memakan buah mangga utuh beserta kulitnya.

Menurut sebuah penelitian di Australia yang dipimpin oleh Profesor Mike Gidley dari Queensland Alliance for Agriculture and Food Innovation, kulit 2 jenis mangga yang disebut mangga Irwin dan mangga Nam Dok Mai dapat memperlambat penumpukan lemak pada sel-sel manusia. Kulit dari dua jenis mangga tersebut kaya akan kandungan bahan bioaktif.

"Temuan kami menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada mangga efektif dalam menghambat proses Adipogenesis, yaitu proses yang berperan penting memicu obesitas. Kulit buah mangga adalah sumber nutrisi yang bermanfaat bagi sel," kata prof Gidley seperti dilansir Counselheal.com, Minggu (10/6/2012).

Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Food & Function, peneliti menganalisis komponen kimia dari ekstrak kulit dan daging dari 3 jenis buah mangga. Hasilnya, kulit mangga varietas Irwin dan Nam Dok Mai secara signifikan menghambat proses adipogenesis atau penyimpanan sel-sel lemak.

"Kami tahu mangga memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Tetapi penelitian lebih dalam perlu dilakukan untuk memahami senyawa alami kompleks yang ditemukan dalam buah-buahan ini dan buah-buahan lainnya," kata Gidley.

Menurut Gidley, buah memang seringkali memiliki komposisi kimia yang sangat berbeda pada kulit dan dagingnya. Analisis kimia yang detil terhadap kulit dan daging buah sangat sangat berharga bagi petani atau pihak lain yang selalu mencari nilai lebih atas buah-buahan yang diproduksi.

"Obesitas berkaitan dengan banyak penyakit kronis seperti diabetes mellitus, penyakit jantung koroner, serta kanker payudara dan usus besar. Ada banyak bukti yang menemukan bahan kimia alami dalam buah dapat menghambat proses penimbunan sel lemak dan mencegah obesitas," kata Gidley.

Penelitian yang dilakukan Gidley ini mengingatkan manfaat memakan memakan buah beserta dengan kulitnya demi kesehatan. Beberapa buah seperti apel dan pear juga lebih bermanfaat bagi kesehatan jika dimakan beserta kulitnya.

Untuk menurunkan berat badan dan menghindari obesitas, peneliti juga menganjurkan untuk memperbanyak olahraga dan jangan banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Konsumsi makanan yang berlemak juga sebaiknya dihindari. - Menurunkan Berat Badan Dengan Mangga dan Kulitnya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive