multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

3 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Otot

Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 3 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Otot
 Nutrisi Untuk Otot 
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 3 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Otot - Setelah capek-capek membentuk otot, tentu Anda takkan membiarkannya melar lagi. Padahal otot tak bisa memelihara dirinya sendiri. Otot harus 'diberi makan' agar terus terbentuk dengan sempurna.

Salah satunya dengan kulit apel yang dipercaya mengandung senyawa alami yang mampu meningkatkan jumlah otot dan lemak coklat serta membakar kalori tubuh.

Peneliti menduga kulit apel mengandung asam ursolik yang dapat mengubah kadar hormon yang terlibat dalam metabolisme, termasuk insulin yang dapat membantu mendorong massa otot bagi orang dewasa.

Namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk merekomendasikan sebutir apel sehari untuk menjaga kekuatan otot.

"Target utama kami adalah untuk mempelajari manfaat asam ursolik pada manusia, terutama untuk membantu pasien-pasien kami yang mengalami atrofi otot kerangka, obesitas, diabetes dan penyakit lemak hati," ungkap peneliti Christopher M. Adams, M.D., Ph.D. dari University of Iowa.

Sementara itu, Minh-Hai Tran, M.S., R.D., C.S.S.D., seorang pakar diet olahraga dari Mindful Nutrition di Seattle merekomendasikan Anda untuk mencoba 3 bahan makanan seperti dilansir dari menshealth, Rabu (27/6/2012) berikut ini.

1. Ceri
Polifenol yang ada dalam ceri membantu menghilangkan stres oksidatif (kerusakan sel akibat senyawa-senyawa berbahaya seperti radikal bebas) yang biasanya terjadi pada saat berolahraga, terang Tran.

Campurkan buah berwarna merah ini ke dalam smoothie pagi Anda atau makanlah ceri dan almond sebagai cemilan. Bisa juga dengan menambahkan sari buah ceri segar ke dalam salad, sarannya.

2. Kefir
Minuman susu fermentasi, biasanya berasal dari susu kambing ini memberi protein dari air dadih (whey) dan kasein yang keduanya mengandung asam amino esensial yang Anda butuhkan untuk membangun kembali jaringan otot pasca berolahraga.

Minumlah dua gelas tepat sebelum atau sesudah berolahraga, saran Tran. Jika memungkinkan, tambahkan buah atau granola rendah lemak sebagai topping.

3. Biji Chia
Lupakan biji rami dan makanan nabati lainnya sebagai sumber asam lemak esensial. Gantilah dengan biji chia yang mengandung asam omega-3 unik bernama asam stearidonik. Asam ini bisa mengubah dirinya menjadi asam omega-3 esensial EPA untuk membantu pemulihan otot.

Satu sendok makan biji chia saja sudah mampu menyediakan 100 persen kebutuhan asam omega-3 harian Anda. Lagipula, biji chia tak perlu dimakan mentah-mentah seperti biji rami sehingga Anda bisa mencampurkannya ke dalam yogurt, smoothies dan salad, kata Tran. - 3 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Otot.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive