multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Foto - Foto Gerhana Matahari Cincin di Indonesia !

Memasuki awal tahun ini, terjadi fenomena alam yang langka untuk dinikmati, yaitu terjadinya Gerhana matahari cincin (GMC). Gerhana matahari cincin terjadi karena bulan tidak menutupi matahari secara penuh pada puncak gerhana. tetapi hanya menutupi sekitar 92 persennya, sehingga saat puncak gerhana bayangannya tampak seperti cincin, lihat foto-foto gerhana dibawah ini :

fenomena alam yang menkjubkan, gerhana matahari cincin

Beberapa kota yang dapat menikmati gerhana matahari cincin ini secara langsung adalah : Karang (Lampung), Serang (Banten), Tanjung Pandan (Belitung), Ketapang (Kalbar), Puruk Cahu (Kalteng), Samarinda (Kaltim). Puncak Gerhana matahari ini paling lama dapat dinikmati di Pringsewu, Lampung , yaitu selama 6 menit 12 detik. Fenomena ini diperkirakan dapat kita lihat lagi 7 tahun yang akan datang.
Gerhana matahari langsung ini, tidak boleh dilihat langsung dengan mata telanjang, karena intensitas cahaya matahari yan kuat bisa menyebabkan mata anda mengalami kebutaan temporer hingga permanen. Untuk melihat secara aman, diperlukan alat penapis cahaya, sebagai pelindung mata dari intensitas cahaya yang kuat. Cara yang paling gampang adalah menggunakan kacamata khusus yang banyak dijual di toko-toko astronomi.
sketsa terjadinya gerhana matahari cincin


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive