multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tiap Tahun 8 Miliar Liter Bahan Bakar Terbuang Sia-Sia

Asap kendaraan merupakan salah satu penghasil emisi karbondioksida (CO2) terbesar di samping emisi dari pabrik dan kebakaran hutan. Efek kendaraan boros bahan bakar, emisi CO2 yang terlontar dari knalpot kendaraan lebih banyak dihasilkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan International Federation Automobile (FIA) bekerjasama dengan produsen ban Bridgestone, ban yang tidak di-supply dengan tekanan angin yang benar, membuang sekitar 8 miliar liter bahan bakar dengan sia-sia setiap tahunnya. Demikian hasil penelitian yang dilansir AFP, Senin, 28 April 2008. Efeknya, borosnya bahan bakar tersebut menambah jumlah CO2 yang terbuang ke udara sebanyak 18,4 metrik ton setiap tahun.

Tidak hanya itu, hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa sebanyak 55 juta buah ban memiliki usia pakai prematur atau di bawah waktu standarnya.

Kekurangan tekanan 1 bar saja (dari ukuran yang ditetapkan pabrikan kendaraan), kendaraan yang dipacu pada kecepatan 90 km/jam, membutuhkan satu hingga tiga persen tambahan bahan bakar. Artinya apabila dalam satu hari kita menghabiskan 20 liter bensin, maka akan dibutuhkan tambahan 0,4 hingga 0,6 liter bahan bakar. Dan yang jelas, bahan bakar tersebut tidak terpakai secara efisien untuk menghasilkan tenaga pada mobil. detikinet

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive