multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Wisata Luar Angkasa Dimulai 2010

VIRGIN Galactic
VIRGIN Galactic

VIRGIN Galactic memaparkan rancangan akhir pesawat ruang angkasa yang akan membawa para wisatawan angkasa luar. Pesawat itu didasarkan pada konsep yang meraih penghargaan X-Prize yang disebut SpaceShipOne, yang akan dibawa oleh pesawat pengangkut sebelum ditembakkan ke orbit.

Pesawat ruang angkasa Virgin sama persis dengan SpaceShipOne, namun ukurannya diperbesar sehingga mampu membawa 8 penumpang dalam satu perjalanan ke ruang angkasa.

Boss Virgin, Sir Richard Branson, mengatakan bisnis wisata ruang angkasa mempunyai potensi yang besar dan akan direncanakan bisa dimulai Tahun 2010. "Saya kira amat penting untuk membuat proyek ini berhasil secara komersial," katanya dalam konperensi pers di New York.

Branson menambahkan wisata ke ruang angkasa ini sama seperti telepon genggam dan internet. "Bisa menjadi saingan dalam investasi untuk telepon genggam dan internet setelah dibuka dari asalnya yaitu dari militer, ke sektor pribadi."

Virgin Galactic sudah menghubungi perancang pesawat angkasa luar, Burt Rutan, untuk membangun pesawat pengangkut, White Knight Two atau WK2. Pembuatan pesawat pengangkut WK2 disebut sudah hampir selesai dan akan menajalani uji coba akhir tahun ini.

Sedangkan SpaceShipTwo atau SS2, menurut Virgin Galactic sudah selesai 60%. SS2 dan WK2 dikerjakan di hanggar milik Burt Rutan di California. Pesawat SS2 akan membawa 2 pilot astronot dan 6 penumpang yang mampu membayar harga tiket sebesar 200.000 dolar AS atau sekitar Rp 2 miliar.

VIRGIN Galactic
VIRGIN Galactic

Mereka akan terbang dari landas pacu baru yang disebut Spaceport di gurun pasir New Mexico, Amerika. Total perjalanan dari sejak awal hingga akhir sekitar 2,5 jam dengan ketinggian mencapai 110 kilomter. Dalam ketinggian itu para penumpang akan berada dalam situasi tanpa gravitasi selama beberapa menit dan menyaksikan planet bumi serta gelapnya angkasa luar.

"Virgin Galactic mengatakan saat ini sudah tercatat 200 calon penumpang yang memesan tempat sedang sekitar 85.000 lainnya mengatakan keinginan untuk ikut wisata angkasa luar. Dan uang muka yang mencapai puluhan juta dolar sudah dibayarkan kepada Virgin Galactic untuk menjamin tempat guna menikmati pengalaman angkasa luar."

Sir Richard Branson mengatakan sistem peluncuran untuk wisata angkasa milik Virgin juga bisa digunakan oleh indusrti maupun peneliti. "Fakta bahwa sistem itu memiliki kemampuan untuk membawa beban tertentu atau satelit dengan biaya rendah amat penting," katanya saat peluncuran rancangan SS2 di Museum Sejarah Alami Amerika.

Dan dengan adanya SS", menurut Branson, maka para peneliti mempunyai kemungkinan untuk lebih sering melakukan eksperimen ke angkasa luar guna menjawab pertanyaan tentang iklim bumi dan misteri tata surya.

Rancangan SS2 dan WK2 dipaparkan Rabu 23 Januari. Dasarnya adalah SpaceShipOne yang meraih penghargaan Ansari X-Prize pada tahun 2005 dengan hadiah 10 juta dolar AS. Virgin Galactic merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang ingin melaksanakan wisata ruang angkasa.

VIRGIN Galactic
VIRGIN Galactic

Pemilik situs Amazon.com, Jeff Bezos, juga merencanakan wisata ruang angkasa dengan versinya sendiri, begitu juga industri penerbangan Eropa, EADS Astrium, yang sedang mengembangkan persawat ruang angkasa sendiri.

Saat ini wisata ruang angkasa baru bisa dilaksanakan lewat peluncur Soyuz milik Rusia dengan harga tiket dilaporkan mencapai 20 juta dolar AS. Dengan harga tiket itu, wisatawan juga akan mendapat kesempatan untuk singgah sebentar di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Sumber

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive