multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Terjun payung dari ketinggian 128.000 kaki (kurang lebih 38 km dari permukaan bumi)


felix baumgartnerMulti Info - Misi terjun payung yang memecahkan rekor tertinggi dan menciptakan rekor tercepat oleh Felix Baumgartner, ternyata mengusung misi mulia. Terjun dari ketinggian lebih dari 128.000 kaki atau sekitar 38 km di atas permukaan bumi atau tepatnya di atas  New Mexico, AS, Minggu (15/10/2012) waktu setempat dengan kecepatan lebih dari 1.100 km/jam (terjun payung kecepatan supersonik cuy!!!), salah satu tujuan misi itu adalah untuk menguji coba pakaian khusus yang diharapkan bisa menyelamatkan astronaut pesawat luar angkasa yang mereka tumpangi mengalami masalah. Pakaian antariksa khusus berparasut itu dibuat atas inisiatif direktur medis misi ini sekaligus ahli bedah NASA, Dr Jonathan Clark. Clark membuat misi ini sebagai sebuah dedikasi cinta bagi istrinya, Laurel Clark. 
terjun payung supersonik
terjun payung supersonik
rekor terjun payung tertinggi di dunia

Laurel adalah salah satu astronaut yang meninggal dalam kecelakaan antariksa yang dikenal dengan kecelakaan Columbia 2003. Menurut Clark, tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada tubuh manusia ketika bergerak melebihi kecepatan suara. “Ini adalah esensi ilmiah dari misi ini,” kata Clark yang mendedikasikan hidupnya untuk mengembangkan kesempatan hidup para astronot dari bencana di luar angkasa.

Keberhasilan Baumgartner yang mendarat dengan selamat berarti pula keberhasilan bagi pengembangan pakaian antariksa itu dalam memberi perlindungan dari gelombang suara ketika melewati batasan suara. Setelah ini, NASA bisa mulai mengesahkan generasi baru pakaian antariksa baru untuk melindungi astronaut.
Menurut Clark, pakaian antariksa ini diharapkan bisa membuat astronaut terjun dalam misi antariksa dari ketinggian 36 km. Aksi terjun payung poemecahan rekor yang dilakukan Baumgartners, 48, itu sendiri membutuhkan waktu persiapan selama lima tahun.(dari berbagai sumber)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive