multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN SASARAN KELUARGA


1.   Pengkajian
            Seorang anak laki-laki berumur 6 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan badannya penuh dengan kurap. Dibawah ini disajikan hasil pengkajian yang didapat. Hasil pengkajian itu mendukung adanya masalah tinea circinata.

Pengkajian Faktor predisposisi
a.   Riwayat Keperawatan
            An. A berumur 10 tahun, tinggal di Sungai Empat, Inhil. An. A merupakan anak ke-2. An. A adalah murid kelas 1 SD. Ia tinggal bersama ayah dan ibunya serta dua orang saudara kandungnya. Ayahnya bernama Karno dan ibunya bernama Siah. Karno bekerja sebagai petani dan ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Kira-kira pendapatan perharinya Rp. 15.000.
            Keluarga karno merupakan penganut agama islam dan didaerahnya mempunyai kepercayaan adat yang sangat kuat. Biasanya orang-orang  akan melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuk pemuka adat.
            An. A dibawa ke Puskesmas karena terdapat kurap di bagian perut dan punggungnya. Dahulunya sedikit tetapi makin lama makin banyak Dan tidak diobati. Siah mengatakan An. A selalu mandi berenang di parit di belakang rumahnya.

b.   Keadaan Fisik
            Di bagian perut dan punggung An. A banyak terdapat kurap. Mula-mula kurap dibadan An. A sedikit dan tidak diobati karena dianggap akan sembuh sendiri dan merupakan hal yang biasa terjadi pada anak-anak. An. A sering mengeluh gatal-gatal dan ia sering menggaruk-garuk dengan tangannya.

 c.   Kesiapan Belajar
            Keluarga Karno mengatakan tertarik untuk mempelajari tentang penyakit kurap. Karno dan Siah mengatakan tidak mengerti tentang apa itu kurap, komplikasi dan cara pencegahannya.
d.   Motivasi Belajar
            Keluarga Karno terlihar antusias dan termotivasi untuk mempelari masalah kurap. Karno mengatakan akan berusaha belajar untuk kebaikan anaknya dan masalah pada anaknya dapat teratasi.

e.   Kemampuan Membaca
            Karno memiliki kemampuan membaca dan menulis karena pernah menamatkan pendidikan sampai SMP. Siah mempunyai sedikit keterampilan membaca karena menamatkan sampai SD. Sedangkan An. A belum pandai dalam hal membaca dan menulis.

·         Pengkajian Faktor Pemungkin
Di Puskesmas An. A mendapat pelayanan dari petugas kesehatan yang telah memiliki keterampilan memberikan penyuluhan kesehatan dengan baik, karena sering dilakukan pelatihan untuk hal tersebut. Alat Bantu penyuluhan yaitu leaflet dan gambar. Lagi pula rumah Karno mendukung untuk dilakukannya penyuluhan kerana letaknya yang dekat dengan puskesmas dan bisa di tempuh dengan jalan kaki.

·         Pengkajian Faktor Penguat
Keluarga Karno sangat mendukung jika An. A dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik serta mendapat penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan.

2.   Diagnosa Keperawatan
            Berdasarkan data dan hasil pengkajian yang didapat, dapat ditegakkan diagnosa keperawatan sebagai berikut :
§  Kurang pengetahuan keluarga Karno tentang penyakit Kurap b.d kurang terpaparnya informasi.
§  Kurang pengetahuan keluarga Karno tentang penyebab penyakit Kurap b.d kurangnya informasi
§  Kurang pengetahuan keluarga Karno tentang cara mengatasi penyakit Kurap b.d kurang informasi.
 
3.   Perencanaan Tindakan
      SATPEL

      Diagnosa Keperawatan :
      Kurang pengetahuan Keluarga Karno tentang Penyakit Kurap b.d kurang terpaparnya informasi.
a.       Tujuan Pembelajaran
1.   Tujuan Umum
            Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, keluarga Karno mendapatkan gambaran dan mampu memahami tentang penyakit Kurap.
2    Tujuan Khusus
Setelah menerima pendidikan kesehatan selama 1 X 60 menit keluara Karno mampu :
a.       memahami tentang pengertian penyakit kurap
b.      memahami tentang penyebab penyakit kurap
c.       memahami tentang tanda dan gejala penyakit kurap
d.      memahami tentang komplikasi penyakit kurap
e.       memahami tentang cara mencegah penyakit kurap
 
  1. Materi belajar
1.      Pengetian penyakit kurap
2.      Penyebab penyakit kurap
3.      Tanda dan Gejala penyakit kurap
4.      Komplikasi penyakit kurap
5.      Cara Mencegah penyakit kurap

  1. Metode Belajar
1.      Metode Diskusi
Metode ini digunakan untuk pencapaian materi
2.      Metode Demonstrasi
      Metode ini digunakan untuk mencapai tujuan dari promosi kesehatan tentang penyakit kurap sehingga bisa dipahami keluarga Karno.

  1. Alat Bantu Belajar
1.      Leaflet yang berisi penjelasan dalam gambar dan tulisan tentang penyakit kurap.
2.      Gambar Penderita penyakit kurap

  1. Evaluasi Belajar
            Evaluasi belajar akan dilakukan selama proses belajar dan pada akhir dari proses kesehatan. Cara evaluasi akan dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan :
§  Jelaskan pengertian dari penyakit kurap
§  Sebutkan penyebab penyakit kurap
§  Sebutkan Tanda dan Gejala penyakit kurap
§  Sebutkan komplikasi penyakit kurap
§  Sebutkan cara mencegah penyakit kurap

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive