Topik : Berkenalan dengan anggota kelompok
Terapis : 17 Orang Mahasiswa
Sasaran : 6 Orang Klien
Ruangan :MPKP Merpati
A. LATAR BELAKANG
Manusia merupakan makhluk sosial hidup berkelompok, saling berhubungan untuk memenuhi kebutuhan sosial seperti saling memiliki, butuh pengakuan, penghargaan dan pernyataan dari satu dengan yang lain saling ketergantungan yang erat sebagai manusia yang holistik.
Penggunaan kelompok dalam asuhan keperawatan jiwa member dampak yang positif dalam upaya promotif, kuratif dan rehabilitative, karena dapat diperoleh dukungan pendidikan, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan meningkatkan hubungan interpersonal serta uji relitas. Berbagai uji keperawatan yang dikembangkan difokuskan pada klien secara individu, kelompok, keluarga mupun komunitas.
Terapi aktivitas kelompok merupakan salah satu terapi modalisasi yang dilakukan perawat pada kelompok klien yang mempunyai masalah keperawatan yang sama. Aktivitas digunakan sebagai terapi, dan kelompok digunakan sebagai target asuhan.
B. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Klien mampu menyampaikan topik pembicaraan tertentu dengan anggota kelompok .
2. Tujuan Khusus
a) Menyampaikan topik yang akan dibicarakan.
b) Memilih topik yang ingin dibicarakan
c) Member pendapat tentang topik yang dipilih
- KRITERIA KLIEN
1. Klien yang sudah mampu berkomunikasi dengan orang lain
2. Klien yang sudah mampu memperkenalkan diri
3. Klien yang sudah mampu berbicara lancar atau tidak kacau dan dapat dimengerti oleh orang lain
4. Klien yang sudah tahap sp 2 dan implementasi
5. Klien dengan kondisi fisik yang baik
6. Klien yang dengan sikap kooperatif
7. Klien telah mengikuti TAK sesi 1, TAK sesi 2, dan TAK sesi 3
- PELAKSANAAN KEGIATAN TAK
1. Langkah Kegiatan
a. Persiapan
1) Memilih klien sesuai indikasi , yaitu Isolasi sosial : Menarik diri
2) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 3 TAKS.
3) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b. Orientasi
1) Memberikan salam teraupetik :
a. Memberikan salam dari terapis
b. Peserta dan terapis memakai papan nama
2) Evaluasi / validasi :
a. Menanyakan perasaan klien saat ini.
b. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap dengan orang lain
3) Kontrak :
a) Menjelaskan tujuan kegiatan yaitu memperkenalkan diri
b) Menjelaskan aturan permainan
· Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada terapis
· Lama kegiatan 45 menit
· Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai
c. Tahap Kerja
1) Menghidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.
2) Pada saat music dimatikan atau music berhenti, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu topik yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh.Misalnya,”cara yang baik “ atau “cara mencari teman “.
3) Tuliskan pada Flipchart/ whiteboard topic yang disampaikan secara berurutan.
4) Ulangi a,b, dan c sampai semua anggota kelompok yang menyampaikan topic yang ingin dibicarakan.
5) Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang bola memilih topik yang disukai untuk dibicarakan dari daftar yang ada.
6) Ulangi e sampai semua anggota kelompok memilih topik
7) Terapis membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih
8) Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis.Pada saat dimatikan, anggota yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang topik yang dipilih
9) Ulangi h sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat
10) Beri pujian untuk tiap hari keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d. Tahap Terminasi
1) Evaluasi
a) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
b) Memberikan pujian atas keberhasilan kelompok
2) Rencana tindak lanjut
a) Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain dikehidupan sehari – hari.
b) Memasukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien
3) kontrak yang akan datang
a) Menyepakati kegiatan berikut, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok
b) Menyepakati waktu dan tempat
e. Evaluasi dan Dokumentasi
1) Evaluasi
Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja.Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan kliensesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 4, dievaluasi kemampuan klien menyampaikan,memilih, dan member pendapat tentang topik percakapan serta kemampuan non verbal dengan menggunakan formulir evaluasi berikut :
Sesi 4 : TAKS
Kemampuan bercakap –cakap topik tertentu
a). Kemampuan Verbal: Menyampaikan topik
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.P | Tn.Y | Tn.A | Tn.G | Tn.D | Tn.H | ||
1 | Menyampaikan topik dengan jelas | | | | | | |
2 | Menyampaikan topik secara ringkas | | | | | | |
3 | Menyampaikan topik yang relevan | | | | | | |
4 | Menyampaikan topik secara spontan | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
b). Kemampuan Verbal : Memilih topik
NO | Aspek yang dinilai | Nama klien | ||||||||||
Tn.P | Tn.Y | Tn.A | Tn.G | Tn.D | Tn.H | |||||||
1 | Memilih topik yang jelas | | | | | | | |||||
2 | Memilih topik secara ringkas | | | | | | | |||||
3 | Memilih topik yang relevan | | | | | | | |||||
4 | Memilih topik secara spontan | | | | | | | |||||
| Jumlah | | | | | | | |||||
c) Kemampuan verbal : Memberi pendapat
NO | Aspek yang dinilai | Nama klien | ||||||||||
Tn.P | Tn.Y | Tn.A | Tn.G | Tn.D | Tn.H | |||||||
1 | Menyampaikan pendapat dengan jelas | | | | | | | |||||
2 | Menyampaikan pendapat secara ringkas | | | | | | | |||||
3 | Menyampaikan pendapat yang relevan | | | | | | | |||||
4 | Menyampaikan pendapat secara spontan | | | | | | | |||||
| Jumlah | | | | | | | |||||
d) Kemampuan Nonverbal
NO | Aspek yang dinilai | Nama klien | ||||||||||
Tn.P | Tn.Y | Tn.A | Tn.G | Tn.D | Tn.H | |||||||
1 | Kontak mata | | | | | | | |||||
2 | Duduk tegak | | | | | | | |||||
3 | Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai | | | | | | | |||||
4 | Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir | | | | | | | |||||
| Jumlah | | | | | | | |||||
- PELAKSANAAN
1. Hari / tanggal : Kamis,11 november 2010
2. Tempat : MPKP MERPATI
3. Waktu : 10.00-10.45 wib
4. Jumlah klien : 6 (Enam) orang
F. PENGORGANISASIAN
1. Struktur Organisasi
a. Leader : Shafyuddin
b. Co leader : Rido Setiawan
c. Fasilitator : Rio oktrinaldi
Aksiza Eka Syahputra
Syahri Rahmadani
Kamisah
Gustina Puspita Sari
Sherlita Yulia Ningsih
d. Observer : Herriyadi
Lusi Ermawati
e. Teknisi : Amri
f. Keamanan : Yazir Arafat
Fahrizal Karli
Dodi Hermanto
Boni Lantinko
Neldawati
Pandi
2. Uraian Tugas
a. Tugas Leader
ü Membuka acara TAKS
ü Memperkenalkan anggota terapis
ü Menjelaskan tujuan aktivitas
ü Memberikan kesempatan kepada klien untuk saling mengenal
ü Menjelaskan aturan permainan
ü Memberikan reinforcement
ü Mengaktifkan kelompok
ü Menutup jalannya TAKS
b. Tugas Co Leader
ü Menyampaikan informasi dari fasilitator kepada leader
ü Mengingatkan leader bila diskusi menyimpang
c. Tugas Fasilitator
ü Memfasilitasi klien yang kurang aktif
ü Menjadi ide model
d. Tugas Observer
ü Mengobservasi jalan diskusi
ü Mencatat perilaku verbal selama kegiatan berlangsung
ü Melaporkan jalannya kegiatan TAK
e. Tugas Keamanan
ü Mengamankan jalannya terapi dan menjaga klien tetap tertib
- MEDIA
1. Speaker
2. Pengeras suara (mic)
3. Spidol
4. Buku catatan dan pena
5. Kamera dokumentasi
6. Kursi 11
- ALOKASI WAKTU
I. ANTISIPASI MASALAH
1. Jika klien ingin ke kamar mandi atau toilet harus izin terapis
2. Jika klien yang direncanakan tiba-tiba tidak mau ikut, perawat perlu menanyakan alasannya. Jika sulit diberi pengertian tidak dilibatkan dalam kelompok
3. Jika ada klien yang mengganggu jlannya acara terapis akan dikeluarkan dari kelompok
4. Jika ada dalam anggota saling mempertahankan argumentasinya Leader berperan dalam meluruskannya.
J. PROSES EVALUASI
1. Evaluasi Struktur
a. Peserta 10 orang
b. Setting tempat klien baik berbentuk lingkaran dengan suasana tenang dan tidak ada yang mondar-mandir
c. Mahasiswa dapat melakukan kegiatan sesuai peran dan tugasnya masing-masing
d. Fasilitas lengkap
2. Evaluasi Proses
a. Klien tidak ada yang meninggalkan ruangan
b. Semua klien aktif dan dapat memberikan tanggapan dengan segera secara keseluruhan
3. Evaluasi Hasil
a. Klien dapat mengungkapkan perasaan setelah berkenalan dengan anggota kelompok
b. Klien mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dank lien dapat mengungkapkan perasaan setelah TAKS
No comments:
Post a Comment