multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

PROPOSAL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DESA RAWA ASRI BAB I


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Kesehatan merupakan hak azazi (UUD 1945 pasal 28 ayat 1 dan UU No. 23 tahun 1992) dan sekaligus sebagai investasi sehingga perlu diupayakan, diperjuangkan dan ditingkatkan oleh setiap individu dan setiap komponen bangsa. Agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Hal ini perlu dilakukan karena kesehatan merupakan tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat termasuk swasta.
Sumber daya manusia yag sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan oleh Departemen Kesehatan RI adalah dengan membentuk desa siaga. Desa siaga adalah yaitu penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan secara mandiri yang bertujuan untuk terwujudnya masyarakat desa yang sehat serta peduli dan tanggap terhadap masalah - masalah kesehatan di wilayahnya.
Pada dasarnya pergerakan pemberdayaan masyarakat adalah suatu proses kegiatan masyarakat melalui pemberian pengalaman belajar dan secara bertahap dikembangkan pendekatan yang bersifat partisipatif dalam bentuk pendelegasian wewenang dan pemberian peran yang semakin besar kepada masyarakat.
Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan yang profesional dan juga berkewajiban untuk memfasilitasi dalam pencapaian tujua tersebut. Salah satu wujud nyata dalam upaya peningkatan kesehatan yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau adalah dengan melakukan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan di Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku pada tanggal 13 Juni 2011 sampai dengan 01 Juli 2011 yang merupakan upaya dalam mengaplikasikan ilmu keperawatan yang diperoleh selama menjalani perkuliahan.
     
B.  Tujuan
1.    Tujuan Umum
                               Memberikan gambaran penuh dari hasil Praktek Kerja Lapangan yang telah dilakukan Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku.
2.    Tujuan Khusus
a.  Memberikan informasi tentang data - data kesehatan masyarakat di Desa    Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku.
b.  Menjelaskan masalah - masalah kesehatan yang terdapat di Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku dan rencana kegiatan yang telah disepakati dengan masyarakat setempat yang merupakan hasil kegiatan wienshield survey oleh Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.
c. Menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Akademi   Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

C.  Manfaat
1.    Untuk masyarakat setempat dapat memberikan informasi tentang masalah kesehatan dan upaya pencegahannya, perawatannya, pengobatannya serta pemeliharaan kesehatan guna meningkatkan derjat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku.
2.    Untuk pihak yang terkait baik lintas program maupun lintas sektoral diharapkan laporan hasil kegiatan ini dapat dijadikan bahan maupun data untuk menyusun kebijakan dan program kerja dibidang kesehatan dimasa yang akan datang.
3.    Untuk institusi pendidikan diharapkan laporan hasil kegiatan ini menjadi  bahan perbandingan untuk Keperawatan Komunitas yang akan datang.  

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive