A. KRITERIA KLIEN
1. Klien yang sudah mampu berkomunikasi dengan orang lain
2. Klien yang sudah mampu memperkenalkan diri
3. Klien yang sudah mampu berbicara lancar atau tidak kacau dan dapat dimengerti oleh orang lain
4. Klien yang sudah tahap sp 2 dalam implementasi
5. Klien dengan kondisi fisik yang baik
6. Klien yang dengan sikap kooperatif
7. Klien yang telah mengikuti TAK sesi 1, TAK sesi 2, dan TAK sesi 3
B. PElAKSANAAN
- Hari / tanggal : Kamis,02 Desember 2010
- Tempat : MPKP MERPATI
- Waktu : Mulai pukul 10.00 selama 45 menit – 1 jam
- Jumlah klien : 6 (Enam) orang
C. PENGORGANISASIAN
1. Struktur Organisasi
a. Leader : Rika Anggraini
a. Co leader : Nono Fenri
b. Fasilitator : Hairuddin
Mirwan
Nazaruddin
Nuriansah
Desi Ernawati
Kuntum Khaira Putri
d. Observer : Riski Kurniadi
Moh. Rio
Dea Rezka Herlen
e. Teknisi : R. Pieba Aguma
f. Dokumentasi : Pujiono
g. Konsumsi : Arlin
f. Keamanan : Okfah Rian Pratama
Supriadi
2. Uraian Tugas
a. Tugas Leader
ü Membuka acara TAKS
ü Memperkenalkan anggota terapis
ü Menjelaskan tujuan aktivitas
ü Memberikan kesempatan kepada klien untuk saling mengenal
ü Menjelaskan aturan permainan
ü Memberikan reinforcement
ü Mengaktifkan kelompok
ü Menutup jalannya TAKS
b. Tugas Co Leader
ü Menyampaikan informasi dari fasilitator kepada leader
ü Mengingatkan leader bila diskusi menyimpang
c. Tugas Fasilitator
ü Memfasilitasi klien yang kurang aktif
ü Menjadi ide model
d. Tugas Observer
ü Mengobservasi jalan diskusi
ü Mencatat perilaku verbal selama kegiatan berlangsung
ü Melaporkan jalannya kegiatan TAK
e. Tugas Keamanan
ü Mengamankan jalannya terapi dan menjaga klien tetap tertib
D. SETTING TEMPAT
E. MEDIA
1. Laptop
2. Spidol
3. Buku catatan dan pena
4. Bola
4. Tempat duduk
5. Papan nama peserta
F. TAHAPAN PELAKSANAAN
1. Langkah Kegiatan
a. Persiapan
1) Memilih klien sesuai kriteria
2) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi ke 3 TAKS.
3) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b. Orientasi
1) Memberikan salam teraupetik:
a. Memberikan salam dari terapis
b. Peserta dan terapis memakai papan nama
2) Evaluasi / validasi :
a. Menanyakan perasaan klien saat ini
b. Menanyakan apakah telah latihan bercakap-cakap dengan orang lain
3) Kontrak :
a) Menjelaskan tujuan kegiatan yaitu menyampaikan topik tertentu
b) Menjelaskan aturan permainan
· Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada terapis
· Lama kegiatan 45 menit
· Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai
c. Tahap Kerja
1) Menghidupkan musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam.
2) Pada saat musik dimatikan atau musik berhenti, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu topik yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh terapis sebagai contoh. misalnya,”cara yang baik “ atau “cara mencari teman “.
3) Tuliskan pada kertas topik yang disampaikan secara berurutan.
4) Ulangi a,b, dan c sampai semua anggota kelompok yang menyampaikan topik yang ingin dibicarakan.
5) Hidupkan lagi musik dan edarkan bola. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang bola memilih topik yang disukai untuk dibicarakan dari daftar yang ada.
6) Ulangi sampai semua anggota kelompok memilih topik
7) Terapis membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih
8) Hidupkan lagi musik dan edarkan bola. Pada saat dimatikan, anggota yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang topik yang dipilih
9) Ulangi sampai semua anggota kelompok menyampaikan pendapat
10) Beri pujian untuk tiap hari keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d. Tahap Terminasi
1) Evaluasi
a) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
b) Memberikan pujian atas keberhasilan kelompok
2) Rencana tindak lanjut
a) Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain dikehidupan sehari – hari.
b) Memasukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien
3) Kontrak yang akan datang
a) Menyepakati kegiatan berikut, yaitu berkenalan membicarakan masalah pribadi
b) Menyepakati waktu dan tempat
2. Evaluasi dan Dokumentasi
Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 4, dievaluasi kemampuan klien menyampaikan, memilih, dan memberi pendapat tentang topik percakapan serta kemampuan non verbal dengan menggunakan formulir evaluasi berikut :
Sesi 4 : TAKS
Menyampaikan Dan Membicarakan Topik Tertentu
a). Kemampuan Verbal : Menyampaikan topik
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.FR | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Menyampaikan topik dengan jelas | | | | | | |
2 | Menyampaikan topik secara ringkas | | | | | | |
3 | Menyampaikan topik yang relevan | | | | | | |
4 | Menyampaikan topik secara spontan | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
b). Kemampuan Verbal : Memilih topik
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.F | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Memilih topik dengan jelas | | | | | | |
2 | Memilih topik secara ringkas | | | | | | |
3 | Memilih topik yang relevan | | | | | | |
4 | Memilih topik secara spontan | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
c). Kemampuan verbal : Memberi pendapat
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.F | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Menyampaikan pendapat dengan jelas | | | | | | |
2 | Menyampaikan pendapat secara ringkas | | | | | | |
3 | Menyampaikan pendapat yang relevan | | | | | | |
4 | Menyampaikan pendapat secara spontan | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
d). Kemampuan Nonverbal :
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.F | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Kontak mata | | | | | | |
2 | Duduk tegak | | | | | | |
3 | Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai | | | | | | |
4 | Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
PROSES EVALUASI
1. Evaluasi Struktur
a. Peserta 6 orang
b. Setting tempat klien baik berbentuk lingkaran dengan suasana tenang dan tidak ada yang mondar-mandir
c. Mahasiswa dapat melakukan kegiatan sesuai peran dan tugasnya masing-masing
d. Fasilitas lengkap
2. Evaluasi Proses
a. Klien tidak ada yang meninggalkan ruangan
b. Semua klien aktif dan dapat memberikan tanggapan dengan segera secara keseluruhan
3. Evaluasi Hasil
a. Klien dapat mengungkapkan perasaan setelah berkenalan dengan anggota kelompok
b. Klien mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan klien dapat mengungkapkan perasaan setelah TAKS
G. ANTISIPASI MASALAH
1. Jika klien ingin ke kamar mandi atau toilet harus izin terapis
2. Jika klien yang direncanakan tiba-tiba tidak mau ikut, perawat perlu menanyakan alasannya. Jika sulit diberi pengertian tidak dilibatkan dalam kelompok
3. Jika ada klien yang mengganggu jalannya acara terapis akan dikeluarkan dari kelompok
4. Jika ada dalam anggota saling mempertahankan argumentasinya Leader berperan dalam meluruskannya.
LAMPIRAN
LAPORAN OBSERVER
EVALUASI TAKS SESI 5
KEMAMPUAN BERCAKAP- CAKAP MASALAH PRIBADI
a. Kemampuan verbal: Memilih topik
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.FR | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Menyampaikan topik dengan jelas | √ | √ | √ | √ | - | √ |
2 | Menyampaikan topik secara ringkas | √ | √ | √ | √ | - | √ |
3 | Menyampaikan topik yang relevan | √ | √ | √ | √ | - | √ |
4 | Menyampaikan topik secara spontan | √ | √ | √ | √ | - | √ |
| Jumlah | 4 | 4 | 4 | 4 | - | 4 |
b). Kemampuan Verbal : Memilih topik
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.F | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Memilih topik dengan jelas | √ | √ | √ | √ | - | √ |
2 | Memilih topik secara ringkas | √ | x | x | √ | - | √ |
3 | Memilih topik yang relevan | √ | √ | √ | √ | - | √ |
4 | Memilih topik secara spontan | x | √ | √ | √ | - | x |
| Jumlah | 3 | 3 | 3 | 4 | - | 3 |
c). Kemampuan verbal : Memberi pendapat
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.F | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Menyampaikan pendapat dengan jelas | √ | x | √ | x | - | √ |
2 | Menyampaikan pendapat secara ringkas | x | √ | √ | √ | - | √ |
3 | Menyampaikan pendapat yang relevan | √ | √ | √ | √ | - | √ |
4 | Menyampaikan pendapat secara spontan | √ | √ | √ | √ | - | √ |
| Jumlah | 3 | 3 | 4 | 3 | - | 4 |
d). Kemampuan Nonverbal :
NO | Aspek yang dinilai | Nama Klien | |||||
Tn.Z | Tn.Sy | Tn.I | Tn.F | Tn.Su | Tn.A | ||
1 | Kontak mata | √ | √ | √ | √ | - | √ |
2 | Duduk tegak | √ | √ | √ | √ | - | √ |
3 | Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai | √ | √ | √ | √ | - | √ |
4 | Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir | √ | √ | √ | √ | - | √ |
| Jumlah | 4 | 4 | 4 | 4 | - | 4 |
No comments:
Post a Comment