multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

PROPOSAL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DESA RAWA ASRI BAB IV


BAB IV
PENUTUP

A.   Kesimpulan
                 Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku, maka dapat diambil kesimpulan dalam hal ini :
1.    Pengkajian (Pengumpulan data melalui wawancara dan angket) dilakukan terhadap 102 Kepala Keluarga yang terdiri dari Jalur 1, Jalur 2, Jalur 3, Jalur 4, Jalur 5, Jalur 6, dan Jalur 7 yang berada di Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan masalah kesehatan yang ada di Desa Rawa Asri.
2.    Pengumpulan masalah atau pengelompokkan masalah yang ditemukan yaitu terdapat masalah lingkungan, masalah ibu memyusui, masalah kesehatan bayi, masalah kesehatan balita, masalah kesehatan anak usia sekolah dan masalah kesehatan lansia.
3.    Pengumpulan data tersebut dilanjutkan dengan mancari solusi masalah kesehatan yang telah didapatkan melalui suatu kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang telah dilakukan di Balai Desa yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas dan Jajarannya, Camat beserta Jajarannya, Kepala Desa Rawa Asri beserta jajaran dan perangkat Desa Rawa Asri.
4.    Berdasarkan Hasil Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) maka dapat diambil beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama Praktik Kerja Lapangan (PKL), yaitu :
a.    Penyuluhan Kesehatan
b.    Pembuatan WC Percontohan
c.    Pembuatan Tong Sampah Percontohan
d.   Kegiatan Senam Bersama Masyarakat
e.    Gotong Royong Massal
f.     Tensi Gratis
g.    Pengobatan Massal
h.    Pembuatan Saringan Air Percontohan
5.    Setelah diperoleh hasil berbagai macam kegiatan yang akan dilakukan maka dapat di evaluasi untuk secara keseluruhan yag dilakukan yaitu :
a.    Evaluasi Struktur
Masyarakat diundang untuk mengikuti kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dan memberikan ide yang dapat dilakukan untuk membantu memecahkan masalah kesehatan yang telah ditemukan. Kegiatan dibantu dengan beberapa alat peraga untuk memaksimalkan hasil penyampaian materi yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu leaflet, flipchart, alat peraga langsung, infocus, spidol dll.
b.    Evaluasi Proses
Dalam proses pelaksanaan kegiatan di Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cinaku di peroleh hasil semua RT ikut serta dan mau bekerjasama dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PKL Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.
c.    Evaluasi Akhir
Ada beberapa kegiatan yang telah direncanakan tetapi tidak dapat terlaksana dikarenakan berbagai faktor diantaranya faktor pendanaan yang terlalu besar.



B.   Saran
1. Puskesmas Kuala Cinaku selaku penanggung jawab wilayah kerja Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cinaku diharapkan senantiasa melakukan pembinaan dan bimbingan sehingga program-program dapat terlaksana dengan standar kesehatan.
2. Untuk masyarakat Desa Rawa Asri diharapkan agar dapat memahami dan meningkatkan derajat kesehatan sesuai dengan standar kesehatan.
3. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) khususnya dikomunitas, diharapkan dapat bekerja dengan pihak-pihak yang terkait baik lintas program maupun lintas sektoral, serta mencari sponsor lebih awal untuk mendukung dana sehingga implementasi keperawatan komunitas dapat dilaksanakan dengan baik dan komprehensif.
4. Bagi institusi (Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau) sebagai lembaga formal tempat mahasiswa menuntut ilmu, di harapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi keterlibatan baik bimbingan maupun arahan sehingga banyak membantu mahasiswa dilapangan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive