multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

RANCANGAN PEMBELAJARAN INDIVIDU SATUAN ACARA PENYULUHAN TENTANG HIPERTENSI


A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Tujuan Umum
Setelah mengikuti penyuluhan tentang Hipertensi, Tn.Mdapat memahami tentang penyakit Hipertensi.
2.      Tujuan Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan tentang Hipertensi, Tn.M dapat menbyebutkan  tentang :
a.       Pengertian Hipertensi
b.      Penyebab Hipertensi
c.       Tanda dan Hipertensi
d.      Penanganan Hipertensi
e.       Pencegahan Hipertensi
B.     Sasaran
Sasaran penyuluhan adalah Tn.M yang berkunjung ke Puskesmas Sipayung Rengat.
C.     Metode
Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan Tanya jawab.
D.    Waktu
a.       Hari                       : Sabtu
b.      Tanggal                 : 29 Mei 2010
c.       Waktu                   : 09. 00 WIB
d.      Tempat                  : Puskesmas Sipayung Rengat
E.     Media
Leaflet
F.      Pengorganisasian
Pelaksana penyuluhan adalah kaspul anwar.
G.    Setting Tempat





P
 

I
 
 

Ket :    P = Penyuluh      I= Klien                  

H.    Pelaksanaan Kegiatan
No
Kegiatan
Peserta
Peserta
Waktu
1
Pembukaan
-          Memberikan salam dan mengingatkan kontrak
-          Perkenalan
-          Menjelaskan tujuan
-          Menjawab salam
-          Memperkenalkan diri
-          Mendengarkan dan memperhatikan
5 Menit
2
Kegiatan
-          Menjelaskan Pengertian Hipertensi
-          Menjelaskan Penyebab Hipertensi
-          Menjelaskan Tanda dan Gejala Hipertensi
-          Menjelaskan Penanganan Hipertensi
-          Menjelaskan Pencegahan Hipertensi
-          Mendengarkan dan memperhatikan
15 Menit
3
Penutup
-          Mengevaluasi tentang materi yang telah disampaikan
-          Menyimpulkan
-          Member salam
-          Menjawab pertanyaan dan memberikan pertanyaan
-          Menjawab salam
5 Menit
I.       Evaluasi
1.      Evaluasi Struktur
a.       Kesiapan mahasiswa memberikan materi penyuluhan
b.      Media dan alat memadai
c.       Setting sesuai dengan kegiatan penyuluhan
2.      Evaluasi Proses
a.       Kegiatan penyuluhan dilakukan sesuai dengan jadwal yang direncanakan
b.      Mahasiswa berperan aktif selama proses penyuluhan
c.       Tn. M berperan aktif dan kooperatif berpartisipasi selama penyuluhan berakhir

3.      Evaluasi Hasil
Lisan : setelah mengikuti penyuluhan maka Tn. M mampu menjawab 80 % pertanyaan yang diajukan oleh penyuluh pada saat evaluasi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive