multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan Gigi dan Mulut sangat penting bagi kita, tentu kita harus tahu Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Sakit gigi menjadi ancaman yang banyak ditakuti orang. Biasanya harus diperiksa dan ditangani oleh dokter gigi. Untuk menghidari sakit gigi, berikut ini ada 9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, antara lain:


1. Biasakan diri untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Ketika tidur mulut tertutup dan menyebabkan air liur tidak bersirkulasi, bakteri akan berkembang biak dua kali lipat lebih banyak. Bakteri yang semakin banyak akan merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu, sikat gigi sebelum tidur sangt penting untuk menghindari terjadinya gangguan gigi dan gusi yang lebih buruk.

2. Sebaiknya segera menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang manis dan lengket. Sisa makanan manis yang tidak segera dibersihkan menjadi penyebab utama terjadinya gigi berlubang. Begitu pula makanan yang lengket, makanan ini harus segera dibersihkan agar tidak tertimbun dan semakin sulit dibersihkan nantinya.

3. Pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut. Banyak orang beranggapan, semakin keras menyikat gigi maka semakin bersih hasilnya. Anggapan ini salah karena menyikat gigi dengan keras akan menyebabkan terkikisnya email (lapisan pelindung) gigi.

4. Terapkanlah cara menyikat gigi yang baik dan benar. Sikatlah gigi Anda dengan arah keatas lalu kebawah atau dari arah gusi kearah gigi.

5. Sebaiknya Anda mengganti sikat gigi Anda tiga bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar. Penempatan sikat gigi pun harus diperhatikan. Letakkanlah sikat gigi di dalam kamar mandi dengan menggunakan wadah tertutup atau dimasukkan ke dalam lemari dibalik cermin dikamar mandi Anda untuk menghindari kontamisasi kuman dan bakteri.

6. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi untuk mencegah timbulnya plak dan karang gigi yang tertimbun tebal, karena akan semakin sulit dibersihkan.

7. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan makanan yang bisa menimbulkan warna pada gigi, seperti teh dan kopi. Hentikan juga kebiasaan merokok karena selain membuat gigi bewarna kuning, rokok juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kanker mulut.

8. Jangan lupa untuk membersihkan lidah Anda ketika menyikat gigi. Permukaan lidah menjadi tempat bertumbuhnya bakteri oleh karena itu, sebaiknya dibersihkan untuk mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

9. Pergunakanlah benang floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi.

Semoga tips Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di atas bermanfaat untuk Anda, tetaplah konsisten untuk menyikat gigi Anda sesudah makan dan sebelum tidur. Selain itu, bagi Anda yang ingin tahu Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah atau Cara Menjaga Kesehatan Mata, silahkan baca terus blog ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive