multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Di sekitar kita banyak sekali lapangan pekerjaan saat ini, jadi kita harus tahu Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan. Mendapatkan Pekerjaan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Pengalaman dalam bekerja tidak menjamin bahwa seseorang mudah Mendapatkan Pekerjaan. Yang harus diingat adalah jangan putus asa atau stress (baca: Cara Mengatasi Stress), mungkin ada lowongan pekerjaan lain yang sedang menanti kita.

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan
Nah, berikut ini Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Tetap Produktif Selama Menganggur
"Anda tidak boleh mengatakan Anda tidak melakukan apa-apa selama menganggur," ujar Alison selaku penulis Ask A Manager. "Meskipun Anda sibuk nonton film pendidikan atau dokumenter di rumah, itu bukan termasuk kesibukan". Anda harus menunjukkan selama masa menganggur, Anda tetap produktif bekerja. Hal ini menunjukkan kalau Anda adalah calon pekerja yang mandiri dan aktif.

2. Mengambil Kursus
Mengikuti seminar dan kursus gratis atau berbayar dapat menjadi nilai plus. Pekerjaan sukarelapun tak masalah. "Saat Anda menceritakan hal ini saat wawancara, Anda meningkatkan nilai diri Anda di mata pewawancara." penasehat karir, Win Sheffield menambahkan, "Anda bisa saja mencantumkannya di CV namun lebih baik jika Anda menceritakannya langsung saat wawancara kerja."

3. Komunikasikan Nilai Anda
"Bila Anda bisa meyakinkan seseorang jika Anda bisa menyelesaikan masalah mereka, maka tugas Anda selesai," ujar Jeff Neil, seorang penasehat karir di New York. Berlatihlah membicarakan nilai positif Anda kepada orang lain. "Ketika seseorang menanyakan kabar Anda, jawablah seperti Anda sedang diwawancara kerja. Semakin Anda terbiasa, maka semakin nyaman pula Anda berbicara dengan pewawancara kerja nantinya," ujar Penelope Trunk selaku penulis Brazen Careerist.

4. Salah Pekerjaan atau CV Anda Jelek
Neil menambahkan, jika seseorang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan selama berbulan-bulan, bisa jadi ia tidak memiliki CV dan pengalaman kerja yang baik. Bisa jadi pula ia seeorang yang tidak mahir mencari pekerjaan sehingga berakhir melamar pekerjaan yang salah untuk dirinya. CV yang bagus tidak menjamin Anda akan mendapatkan pekerjaan, namun setidaknya Anda telah membuka kesempatan untuk dipanggil wawancara.

5. Yakinkan Mereka Ini Pilihan Anda
Anda tidak punya pengalaman kerja? Cukup yakinkan pewawancara bahwa ini adalah pilihan Anda. Pilihan yang Anda rasa tepat bagi kemajuan karir Anda dan merupakan kesempatan yang bagus untuk mengembangkan diri. Anda berpengalaman? Yakinkan mereka bahwa dengan kehadiran Anda di perusahaan, bisa memberikan perubahan positif maupun keuntungan besar.

6. Minta Bantuan dari Semua Kenalan Anda
Saat menganggur adalah saat yang tepat untuk 'mengganggu' teman maupun kenalan Anda. "Skejulkan pertemuan dengan semua kenalan untuk mengobrol dengan Anda'" ujar Megan Fischer, penulis blog "Unemployed in Milwaukee".

Megan melakukan hal ini dan dalam waktu singkat dan usaha yang konsisten, ia mendapat pekerjaan. Lakukan ini seperti Anda tidak punya pilihan lain. Mau tidak mau Anda terprogram untuk menemui setiap kenalan Anda dan meminta bantuan mereka untuk membukakan pintu kesempatan bekerja.

7. Twitter
Di zaman modern ini, banyak akun twitter yang menginformasikan lapangan pekerjaan. Segera follow akun-akun tersebut. Anda juga bisa nge-tweet tentang diri Anda yang sedang mencari pekerjaan. Tidak perlu malu, karena Anda memang butuh pekerjaan, bukan? Jika Anda memiliki banyak follower, tidak ada salahnya Anda memulai sebuah usaha dengan basis banyaknya pengikut.

8. Dari Sementara Menjadi Pegawai Tetap
Ada istilah Anda hanya bekerja freelance atau kontributor per proyek. Bisa saja Anda melamar pekerjaan dan hanya diberikan kontrak sementara selama 6 bulan. Tak perlu khawatir. Ellen Winsett, penulis portal karir Slate mengakui dengan adanya kesempatan ini, Anda tidak akan pernah tahu kapan ada staf tetap yang mengundurkan diri dan digantikan oleh Anda.

9. Pergantian Karir
Valerie Davis bercerita kepada harian USA Today, "Saat di-PHK, saya panik. Saya mencari kerja apa saja dan mendapatkannya dua bulan kemudian." Wanita yang bekerja sebagai Hubungan Internasional di Timur Tengah ini mencari pekerjaan yang tidak ada hubungan sama sekali dengan diplomanya, namun ia tetap mengambil kesempatan yang ada di depan mata dan fokus mengerjakannya walupun itu bukan bidangnya.

10. Belajar Bahasa Baru
Tidak ada salahnya belajar bahasa baru saat menganggur. Menurut sebuah survei yang dilakukan di Inggris tahun 2010, banyak lapangan pekerjaan yang mementingkan kemampuan komunikasi dengan bahasa ketiga, seperti dilansir BBC. Bisa saja Anda menjadi koresponden internasional dan ditugaskan di luar negeri, meskipun Anda tidak memiliki keahlian lain.

11. Liburan
Jika Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan selama setahun, saatnya Anda berlibur. Ahli profesi Forman & Johnson mengatakan, "Walaupun kesannya Anda malah buang uang untuk berlibur, gunakan sebaik mungkin. Gunakan momen ini untuk menyegarkan pikiran sambil membaca buku yang berkaitan dengan bidang Anda. Anda akan segar kembali dengan ide-ide baru dalam mencari pekerjaan atau bahkan menciptakan usaha."

Semoga informasi tentang Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan di atas bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk tetap berdo'a, karena setiap usaha harus dibarengi dengan do'a. Bagi Anda yang bekerja keluar kota dan harus meninggalkan pasangan Anda, harus membaca Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh di blog ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive