multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Survei Capres - Yudhoyono Masih Teratas !

SBY

Hasil survei Pusat Kajian Strategi Pembangunan Sosial Politik Fisip Universitas Indonesia (UI) yang diumumkan di Jakarta, Jumat, menyebutkan bahwa popularitas Susilo Bambang Yudhoyono masih menempati peringkat teratas dibanding tokoh nasional lainnya.

Untuk calon presiden (Capres) nilai popularitas teratas adalah Yudhoyono (18,89 persen), Megawati Soekarnoputri (16,51 persen), Sri Sultan Hamengku Buwono X (12,33 persen), Prabowo Subijanto (8,62 persen), Sutiyoso (8,56 persen), Hidayat Nurwahid (8,27 persen), Jusuf Kalla (7,09 persen), Wiranto (4,82 persen), Amien Rais (1,73 persen) dan tokoh lainnya 12,23 persen.

Hasil survei ini juga menyebutkan popularitas Parpol peserta Pemilu 9 April 2009 teratas ditempat Golkar (17,4 persen), Partai Demokrat (15 persen), PDIP (13,6 persen), PKS (9,7 persen), PPP (5,4 persen), PAN (5,4 persen), PKB (4,6 persen), Hanura (4,2 persen), Gerindra (2,8 persen) dan partai lainnya 22,1 persen.

Peneliti Pusat Kajian Strategi Pembangunan Sosial Politik Fisip UI Cecep Hidayat menjelaskan, survei dilakukan di 15 Provinsi, yaitu Sumsel, Lampung, Kepulauan Riau (Kepri), Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Selain itu, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Ketua Tim Peneliti Pusat Kajian Strategi Pembangunan Sosial Politik Fisip UI Heriansyah menjelaskan, dalam survei yang dilakukan, fenomena yang perlu dicermati adalah terdapat dua partai yang perolehan suaranya kemungkinan akan naik secara signifikan.

Kedua partai itu yaitu Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan partai lain seperti Golkar, PDIP, PPP, PKB justru diprediksi cenderung menurun dibanding Pemilu 2004.

"Fenomena lain adalah munculnya partai baru, yaitu Hanura dan Gerindra yang mampu menembus parliamentary threshold," katanya.

Dia juga mengatakan, masuknya nama Sutiyoso di urutan nomor 5 karena Sutiyoso berhasil mengembangkan jaringan di beberapa daerah.

"Sutiyoso sudah membuka Bang Yos Center di beberapa daerah dan termasuk Capres yang punya program kunjungan ke daerah," katanya.

Walaupun Sutiyoso tidak beriklan dan belum didukung partai besar, tetapi Sutiyoso cukup dikenal. "Dalam survei kami, popularitasnya ternyata agak lumayan," katanya.

Pengamat politik dari UI Ibramsjah juga mengemukakan, strategi Sutiyoso membentuk Bang Yos Center di beberapa daerah menunjukkan hasil. "Di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah keberadaan Bang Yos Center cukup efektif dan telah membuat Sutiyoso cukup dikenal," katanya.

Untuk posisi Yudhoyono, Ibramsjah menilai Yudhoyono adalah tokoh terpopuler karena "incumbent" dan telah membuat beberapa prestasi. Namun Ibramsjah meragukan popularitas Yudhoyono melejit melebihi 40 persen.

Survei dilakukan pada awal Januari 2009 sampai pertengahan Februari 2009. Survey melibatkan 1.500 responden yang diambil berdasarkan metode "stratisfied random sampling,".

Berdasarkan teori penelitian, metode pengambilan sampel dalam penelitian yang menggunakan "statified random sampling" dapat diterapkan dengan syarat populasi yang heterogen dan diperlukan kriteria yang jelas dalam membuat statifikasi/lapisan sesuai unsur heterogenitas yang dimiliki.

Selain itu, harus diketahui komposisi jumlah anggota sampel yang akan dipilih secara proporsional atau diproporsional. Keunggulan metode ini adalah semua populasi yang heterogen dapat terwakili, namun kelemahannya memerlukan pengenalan terhadap populasi yang akan diteliti untuk menentukan ciri heterogenitas yang ada pada populasi.

Sumber : republika.co.id

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive