multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

LCD TV Tertipis dan Teringan di Dunia !


Tren layar tipis dalam industri televisi akan semakin panas memasuki tahun 2009. Makin tipis, makin ringan pula sebuah layar TV sehingga fleksibel dipasang di mana pun dan dipindah kapan pun.

Layar televisi terbaru buatan Samsung bakal memecahkan rekor layar televisi LCD (liquid crystal display) tertipis di dunia. Betapa tidak, tebalnya hanya 0,65 centimeter. Bahkan, ponsel tertipis di dunia pun masih lebih tebal dari layar televisi itu.

Sejauh ini tak ada layar TV yang lebih tipis dari layar tersebut. Ketebalannya hanya sepertujuh LCD TV paling tipis sebelumnya Boerdeaux 850 yang juga buatan perusahaan elektronika Korea itu.

LCD dapat dibuat setipis mungkin karena mengadopsi teknologi sistem backlight berbasis LED (light emitting diode). LC TV ini akan tersedia dalam ukuran layar dari 40-55 inci yang akan dipamerkan pertama kali pada Consumer Electronics Show 2009 di Las Vegas 8-11 Januari mendatang.

Paling Ringan

Dalam acara yang sama, JVC akan menampilkan LCD TV paling ringan di dunia. Layar TV berukuran 32 inchi buatan raksasa elektronika Jepang itu hanya seberat 5 kilogram . Tebal layar sebenarnya hanya terpaut 0,5 milimeter dibandingkan dengan layar tertipis buatan.

Tidak hanya tipis dan ringan, bahkan layar tersebut sanggup menampilkan kualitas video HD (high definition). Seperti halnya layar buatan Samsung, JVC juga menggunakan teknologi LED untuk backlight.

Ukuran layar yang setipis dan seringan ini mungkin usdha bukan masalah lagi pada produk notebook. Namun, tantangan terbesar dalam layar TV adalah memastikan resolusi tetap tinggi dengan ukuran yang semakin lebar.

Dengan layar yang tipis dan ringan, konsumen bakal semakain dimanjakan. Mau dipasang dengan cara apapun akan aman karena tinggal pilih mau ditempel di dinding atau digantung tanpa terlalu takut jatuh jatuh sewaktu-waktu.

Sumber: kompas.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive