multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Konsep Unik , Kuburan Jadi Sumber Tenaga Listrik

Satu kota Spanyol memilih tempat tidak biasa untuk mendapat sumber energi terbaru di kompleks kuburan setempat. Santa Coloma de Gramanet, dekat Barcelona, menempatkan 462 panel penangkap panas matahari di atas kuburan bertingkat itu.


Foto: Lokasi Kuburan Yang Dijadikan Sebagai Objek Panel Penangkap Sinar Matahari

Para pejabat mengatakan proyek ini awalnya disambut dengan cemoohan, namun keluarga yang memanfaatkan kuburan itu akhirnya mendukung rencana tersebut setelah dilakukan kampanye terbuka.

Kini direncanakan pembangunan tambahan panel di kuburan itu untuk menambah listrik yang dihasilkan tiga kali lebih besar.

Kuburan itu dipilih untuk proyek tersebut karena lokasi ini adalah satu dari sejumlah tempat terbuka yang disinari matahari di kota yang padat tersebut dengan jumlah Penduduk 124.000 jiwa hidup di lahan seluas 4km persegi.

Esteve Serret, direktur Conste-Live Energy, perusahaan yang memiliki kuburan dan juga di bidang energi terbarukan mengatakan instalasi panel solar ini memakan biaya 720.000 euro namun bisa mengurangi karbondioksida yang dikeluarkan ke atsmofir sebesar 62 ton per tahun.

"Penghormatan terbaik untuk nenek moyang kita, apapun agama anda, adalah menciptakan energi bersih bagi generasi baru," ujarnya.


Di kompleks kuburan barisan panel penangkap sinar matahari yang mengkilat berwarna biru terpasang di atas mauselum yang menampung lima tingkat peti mati. Panel ini menghasilkan energi yang cukup untuk memasok 60 rumah setiap tahun.

Panel solar ini menghadap hampir ke arah selatan untuk menangkap sinar matahari dalam jumlah maksimum dan dipasang agak miring agar tidak terlalu mengganggu. Anggota Dewan Kota Antoni Fogue mengatakan reaksi masyarakat cukup negatif saat ide ini pertama kali diajukan tiga tahun.

"Kami mendengar ucapan seperti, 'mereka gila. Siapa sih mereka itu? Sangat kurang ajar!," ujarnya seperti yang dikutip kantor berita Associated Press. Namun, pejabat kotamadya dan juga kuburan kemudian melancarkan kampanye untuk memberi pengertian kepada warga mengenai keuntungan proyek ini dan menjelaskan bahwa proyek ini akan dijalankan dengan tidak merusak kuburan.

"Tidak pernah ada masalah apapun karena warga yang ke kuburan tidak melihat perubahan sama sekali," ujar Fogue. "Pemasangan proyek ini sama-sama menghormati orang yang sudah meninggal dan keluarga mereka."

Panel solar ini menutupi kurang dari 5% keseluruhan wilayah kuburan, yang menampung sekitar 57.000 jenazah, namun kini ada rencana memperluasnya.

Santa Coloma de Gramanet - yang terletak di pinggir kota Barcelona dengan penduduk lebih dari 100.000 orang - memiliki empat lokasi panel sinar matahari, sebagian besar berlokasi di atas gedung, namun proyek di kuburan ini adalah yang terbesar.

sumber artikel

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive