multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Penjelasan Dari Eksplorasi Kolaborasi Dan Konfirmasi

Penjelasan Dari Eksplorasi Kolaborasi Dan Konfirmasi saya Tidak Mengerti dengan apa yang di maksut Eksplorasi Kolaborasi Dan Konfirmasi mungkin link download di bawah ini akan bisa menjelaskan hal tersebut, bagi anda yang edang mencari dan membutuhkan informasi berikut, semoga artikel ini sedikit memberikan Info untuk menyelesaikan tugas tentang Eksplorasi Kolaborasi Dan Konfirmasi dalam menyelesaikan tugas sekolah ataupun kuliah. 
Untuk Melihat Pengerian nya dalam bentuk file PDF Klik DISINI

Kegiatan pembelajaran terdiri atas pendahuluan, inti, penilaian dan penutup. Salah satu model pendekatan proses bersiklus ialah eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dalam hal ini guru minimal menguasai aplikasi siklus tersebut. Syukur kalau guru dapat menguasai siklus  lain sehingga proses pembelajaran lebih variatif.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan siswa mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi siswa berinteraksi sehingga siswa aktif, medorong siswa mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejalan pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru mendorong siswa membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegaitan kooperatif dan kolaborasi,  membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Konfirmasi
Dalam ini guru memberikan umpan balik terhadap yang siswa hasilkan melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang guru kuasi, menambah informasi yang seharusnya siswa kuasai, mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Dan, setelah memeperoleh keyakinan maka siswa dalam mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu siswa menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh RPP yang menggunakan tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive