multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Menjaga Kesehatan Mata Anak

Bagi Anda yang memiliki buah hati, tentu sangat memperhatikan kesehatan mereka. Salah satunya Menjaga Kesehatan Mata Anak. Selain Anda tahu Cara Menjaga Kesehatan Mata, Anda juga harus tahu Menjaga Kesehatan Mata Anak. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk buah hari Anda agar mata mereka tetap sehat:


1. Kebiasaan Menonton TV, Main Video Game dan Main Komputer

Apabila menonton televisi (tv) maupun main video game wajib menonton pada jarak aman yaitu minimal 5 kali diagonal inchi tv serta menyalakan lampu. Jika anak suka nonton tv jarak dekat sebaiknya larang anak untuk menggunakan tv dan gunakan handphone tv saja. Beri batasan waktu menghadap tv 30 atau 60 menit saja perhari dan ajari untuk sering istirahat mata dan melihat yang jauh-jauh.

2. Kebiasaan Membaca

Membaca buku, koran, majalah, tabloid, katalog, dll dalam posisi duduk dengan pencahayaan yang cukup terang dari arah belakang atau samping dan jarak baca 30cm sampai 40cm ke arah sedikit di bawah pandangan mata. Sering-sering istirahat mata dan melihat yang jauh-jauh. Kebiasaan membaca dan melihat sesuatu secara salah bisa membuat mata anak menjadi rabun jauh maupun rabun dekat.

3. Menjauhi Benda Tajam / Benda Tumpul Yang Mengancam Mata

Jauhi benda-benda tajam atau benda tumpul yang dapat mencolok mata anak. Sangat berbahaya bila anak memegang benda tajam atau benda yang dapat mencederai mata orang lain di sekitarnya. Larang anak jika bermain dengan benda-benda yang dapat membuat matanya sakit, iritasi, cedera, dsb. Jika orangtua memberikan benda tajam ke anak kecil sebaiknya berikan dengan arah yang tumpul menghadap ke anak terlebih dulu.

4. Menjaga Kebersihan Mata

Biasakan kita maupun anak kita untuk mencuci tangan dengan sabun dengan baik dan benar sebelum memegang mata, menggaruk atau pun mengucek-ucek mata dan sekitarnya. Larang anak untuk mengucek atau menggosok mata, apalagi dengan kencang dan keras saat ada benda masuk ke dalam matanya. Sebaiknya biarkan mekanisme kedipan mata yang mengeluarkan benda asing sendiri, dibantu orangtua mengambilkan benda asing, atau dibantu air dalam baskom dalam mengeluarkan benda kecil yang masuk ke mata.

5. Makan Makanan Yang Menyehatkan Mata

Beri anak-anak kita makanan diet seimbang empat sehat lima sempurna yang di dalamnya terdapat makanan yang bisa mencegah rabun senja (buta malam / rabun ayam). Contoh makanan yang baik untuk mata seperti makanan yang mengandung vitamin a alami, buah-buahan yang memiliki warna kuning, jingga atau oranye serta sayur-sayuran seperti pepaya, pisang, mangga, labu, wortel, dan lain-lain.

6. Latihan Gerakan Mata Rutin Setiap Hari (Senam Mata Anak)

Gerakkan bola mata pelan-pelan ke arah atas, kanan, bawah dan kiri sebanyak 5 kali. Latihan fokus pandangan mata jarak dekat dan jauh secara bergantian. Memijat bagian kening dan daerah sekitar pinggian bola mata secara halus dengan ujung-ujung jari-jemarinya.

Semoga tips cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di atas bermanfaat untuk Anda dan buah hati Anda. Anda juga bisa membaca Cara Menjaga Kesehatan Mata Minus di blog ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive