multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Resiko Anak Obesitas



Anak Obesitas dan Kemampuan Matematikanya


Obesitas (kegemukan) pada anak-anak, selain mempengaruhi berbagai tingkat kesehatannya, juga ternyata dapat mengakibatkan perubahan kinerja matematika mereka. Setidaknya itulah yang dihasilkan dari penelitian di Department of Nutrition and Exercise Physiology, University of Missouri, USA. yang dilakukan oleh Profesor Sara Gable dan kawan-kawannya. Artikel tentang hubungan berat badan dan kemampuan matematika anak ini diberitakan secara online oleh ScienceDaily edisi 14 Juni 2012*
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang  kompleks antara antara berat badan, masalah sosial dan emosional, serta intelektual akademis (khususnya matematika) anak-anak. Sampel penelitian ini melibatkan lebih dari 6.250 anak-anak mulai dari usia dini sampai saat mereka duduk di kelas 5.
Pengamatan dilakukan dengan melibatkan orangtua yang memberikan informasi tentang keluarga mereka, guru-guru yang melaporkan tingkat ketrampilan interpersonal dan emosional anak, anak-anak yang ditimbang dan diukur berat badannya, serta pengujian potensi akademik anak.
Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak  yang mengalami obesitas sejak dari TK dan tetap gemuk sampai kelas 5 akan mempunyai kinerja matematika yang rendah. Anak-anak yang mulai gemuk sejak kelas 3 ke atas, kinerja matematikanya sama baiknya saat dia di kelas 1-3.
Sementara itu dilihat dari sisi gender, anak perempuan gemuk akan mengalami masalah sosial selain masalah matematikanya. Baik anak laki-laki dan perempuan, masalah obesitas memberikan pengaruh terhadap rasa sedih, terkucilkan, dan cemas. Masalah psikologi ini juga yang ikut memperparah mereka untuk memperbaiki kemampuan akademis di bidang matematika.
Kesimpulannya jelas di sini bahwa kelebihan berat badan pada anak-anak dapat membahayakan kesejahteraan sosial, emosional, dan prestasi akademik. Pola hidup dan makan anak-anak kita di zaman modern yang memungkinkan anak-anak mengalami kelebihan berat badan memang harus dicermati dengan bijaksana oleh para orang tua supaya tidak merugikan anak-anak kita, baik dari sisi kesehatan fisik maupun dari sisi kesehatan intelektual dan emosional.
__________________
*University of Missouri-Columbia (2012, June 14). Childhood obesity linked to math performance, researcher says. ScienceDaily. Retrieved August 30, 2012, from http://www.sciencedaily.com/releases/2012/06/120614082627.htm

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive