multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Gangnam Style



Ketika Gangnam Style Mengadiksi Dunia


Multi Info - Membahas penyanyi Asia mana yang mendunia sampai ke kawasan Amerika Serikat di tahun ini, jawabannya bukan Girls Generation atau sederet artis Asia lain yang berusaha ‘menguasai’ negeri Paman Sam itu dengan album internasional berbahasa Inggris. Tapi Psy, salah satu penyanyi lelaki Korea yang bukanlah pemain baru dikancah musik Korea Selatan.
Solois di luar mainstream karena memasang format parodi kemudian dikenal hanya karena lagu dan video Gangnam Style yang dirilis pada Juli tahun ini. Gangnam Style menarik karena memiliki koreografi yang tak biasa dan dianggap lucu. Video musik ini memang memberikan efek adiksi sehingga banyak orang pengguna youtube merekomendasikan video itu ke khalayak ramai. Bahkan ditonton berulang kali via buffering. Saya pun demikian, sampai mengunduh versi HD-nya segala biar lebih jelas. :3
Di era youtube ini, kita memang tidak bisa menebak siapa yang akan terkenal. Di kancah negeri, video main-main saja bikin euphoria sesaat. Dan biasanya, selera mengidolakan seseorang via youtube ini mencerminkan masyarakat di Negara tersebut. Barangkali taruhlah kenapa video lipsync Sinta Jojo sampai Briptu Norman banyak dilihat orang kita. Karena video aksi itulah yang dinilai lucu untuk ukuran budaya kita. Di luar Indonesia juga sama saja, video iseng-iseng ini juga kerap mencuri perhatian. Namun hanya beberapa yang bisa menjadi artis besar. Justin Bieber adalah salah satu orang yang beruntung itu. Siapa sangka cowok ‘narsis’ ini akhirnya jadi superstar dunia? Dan apakah hal ini terjadi pula pada Spy?
Cowok tambun tipikal om-om ‘mesum’ ini konon akan dikontrak manajemennya Justin Bieber. Sudah beberapa minggu ini Spy tampil di acara TV Amerika. Bahkan pada 7 September kemarin, dia tampil dalam acara MTV Video Music Awards 2012 (meski Cuma semenitan). Bahkan dalam acara talkshow yang menampilkan Britney Spears, diva pop ini terlihat antusias ingin mempelajari koreografi ‘nunggang kuda’ Gangnam Style.

Di-Tweet Artis Dunia
Era globalisasi seperti sekarang memang membuat semua masyarakat dunia mudah berkomunikasi di satu media publik yang sama. Twitter adalah jejaring sosial yang paling banyak digunakan masyarakat dunia. Dengan bertwitter ria, para tweep bisa memfollow artis yang mereka idolakan dan merasa dekat. Penggunaan twitter yang simpel dan tidak serumit facebook, dianggap memiliki prestisius dan kelas tersendiri. Tidak heran jika banyak artis yang promosi gratis lewat twitter, show off mengenai karya atau ekspresi, dan mengapresiasi artis lain.
Terhadap Psy, artis-artis yang adiksi terhadap Gangnam Style bukanlah penyanyi main-main. Salah satunya adalah solois perempuan paling populer saat ini selain Lady Gaga dan Rihanna. Yeah, Katy Perry dalam akunnya berkicau bahwa dirinya tengah ‘adiksi’ gangnam Style. Britney juga berkicau dengan mengatakan bahwa dia mengaku menyukai video Gangnam Style dan ingin mempelajari koreografi Gangnam Style. Barangkali karena salah satu faktor itulah, video Psy yang berjudul Gangnam Style dilihat banyak orang.Sementara video music Psy yang lain jarang dijamah. Fakta yang lebih unik, viewer yang menyaksikan video tersebut kebanyakan datang dari Amerika Serikta. Penonton di Korea persentasenya cuma 40 persen (dari sumber feature di program TV lokal).

Apa Sih, Gangnam Style Itu?
Kita tentu bertanya-tanya. Apa sih, sebenarnya arti dari Gangnam Style itu? Gangnam adalah salah satu areal elite yang ada di Korea Selatan. Dihuni oleh banyak publik figur, mulai dari bintang film, penyanyi, maupun orang kaya lainnya. Distrik ini juga dijamuri klinik operasi plastik. Lirik dalam Gangnam Style berisi kisah hidup lelaki kaya raya yang tinggal di Gangnam. Lirik tersebut berisi sindiran yang bersifat parodikal. Tentang seorang cowok kaya genit yang sedang menggoda seorang cewek. Mungkin kesan komedi lebih sampai dimengerti pemakai bahasa Korea itu sendiri karena kosakata yang mungkin berbau ‘nakal’ dalam lirik Gangnam Style.
Kata oppa sendiri (kata dari bahasa Korea yang familiar selain saranghae di telinga masyarakat kita) itu berarti sebutan dari perempuan untuk saudara laki-laki. Namun oppa bisa juga menjadi kata ganti pertama. Jadi bisa dimaknai jika lirik ‘oppa gangnam style’ berarti ‘saya bergaya hidup Gangnam (mewah)’. Berikut lirik Gagnam Style yang sudah saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dari lirik versi Bahasa Inggrisnya yang saya temukan di internet. Jadi kalau salah terjemahan mohon diluruskan yah. Terjemahan ini dikontekskan ke dalam tutur Bahasa Indonesia:

Ada seorang gadis yang hangat dan ramah tamah di siang hari
Dia adalah gadis berkelas yang tahu bagaimana caranya menikmati kebebasan lewat secangkir kopi.
Seorang gadis yang hatinya selalu membara jika malam menjelang.
Seorang gadis yang tahu cara menggerakkan dirinya
Aku adalah seorang lelaki.
Seorang lelaki yang hangat sepertimu di siang hari
Seorang lelaki yang meminum kopi sekali selurup bahkan sebelum kopi itu mendingin
Seorang lelaki yang hatinya bertaburan (bagai bintang) di kala malam
Akulah tipikal lelaki seperti itu.
Indah, penuh cinta. Ya kamu, ya kamu, hey!
Indah, penuh cinta. Ya kamu, ya kamu, hey!
Jadi ayo kita selesaikan sekarang.
Aku bergaya gangnam, gangnam style
Aku bergaya gangnam, gangnam style
Aku bergaya gangnam
Eh, gadis cantik, aku bergaya gangnam
Eh, gadis cantik, oh oh oh
Seorang gadis yang tampak tenang ketika sedang bermain
Seorang gadis yang mengatur rambutnya di saat yang tepat
Seorang gadis yang menyampul dirinya dengan keseksian ketimbang gadis lain yang telanjang
Gadis yang penuh sensasi, bukan?
Aku seorang lelaki
Seorang lelaki yang tenang ketika ia sedang bermain
Seorang lelaki yang menggila di saat yang tepay
Seorang lelaki yang memiliki lebih banyak ide daripada otot
Tipikal lelaki sepeti itulah aku
Sebagai manusia super, jam terbangku tinggi, sayang
Sebagai manusia supr, aku tahu banyak hal
Sebagai manusia super aku bisa terbang.
Sebagai mansia supr, aku tahu banyak hal

Video musik Gangnam Style ini disusupi banyak artis K-pop seperti Hyuna dan anggota Bigbang Seungri dan Daesung. Hyuna yang menjadi ikon solois perempuan terseksi di Korsel ini muncul di pertengahan dan ending video. Sementara Seungri dan Dasung juga tampil. Tapi kita tentu enggak akan bisa lihat mereka secara jelas. Wong keduanya berperan sebagai dua lelaki tua yang sedang main catur ketika Psy bernyanyi. Itu lho, yang ketika ada ledakan, seorang pria pura-pura terjungka. Selain itu ada comedian Korsel seperto Yoo Jae Seok, yang battle dance dengan Psy di tengah dan di ending video. Juga yang bikin ngakak adalah gaya lelaki yang nari gaje di lift sambil ngangkang. Itu adalah komedian juga yang bernama Noh Hong-cheol.
Gangnam Style akhirnya menjadi wabah masyarakat penikpat dan pelaku youtube. Terbukti dengan banyaknya video fanmade gangnam style oleh orang-orang Asia, Eropa atau Amerika. Bahkan Indonesia tidak ketinggalan. Sekelompok anak muda melakukan koreografi ramai-ramai di Bundaran HI Jakarta. Waw, enggak heran sih, Psy diidolakan. Toh dunia sedang gencar-gencarnya ditaburi musik tipikal anak muda yang terkesan itu-itu saja.
Selain komedis, Gangnam Style dibuat orisinil dan tidak ‘manipulatif’. Semua dibuat apa adanya. Jadi memang benar, untuk masuk pasar internasional, kamu memang enggak harus tampak menjadi orang lain. Bawa saja ciri khas negaramu. Jangan menyeolahkan diri mampu menaklukkan pasar Amerika sementara jadi diri sendiri dari segi penampilan dan konsep saja sudah banyak copas sana-sini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive