Mengganti lampu LED BB yang redup

Cara mengganti lampu LED BB yang redup


Untuk beberapa Blackberry type tertentu terdapat beberapa kelemahan jika digunakan secara terus menerus, khususnya pada bagian “screen lighting”. Biasanya kondisi yang sering dialami oleh pengguna Blackberry adalah intesitas lampu LED BB tersebut yang mudah redup, sehingga jika digunakan pada malam hari tampilan beberapa menu pada home screen kurang terlihat dengan jelas. Kondisi lampu LED yang redup bisa disebabkan berbagai macam factor, salah satunya adalah penggunaan yang berlebihan dan pengaturan intensitas cahaya yang terlalu over, sehingga daya tahan lampu menjadi berkurang. Jika kondisi seperti ini sudah terjadi pada Blackberry Anda, maka mau tidak mau harus segera diganti. Anda ingin mencoba mengganti lampu LED BB tersebut sendiri atau dibawa ke service center? Sebenarnya cara mengganti lampu tersebut cukup mudah, namun harus dilakukan dengan hati hati. Berikut beberapa langkah sederhana untuk mengganti screen lighting, diantaranya adalah :

Bongkar casing : Pada saat membongkar casing Blackberry, Anda harus berhati hati karena terdapat rangkaian mikro pada bagian lampu LED yang merupakan interkoneksi antara lampu dengan beberapa komponen yang ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan pinset berukuran kecil yang khusus diperuntukkan untuk memperbaiki berbagai peralatan elektronik.
Melepas lampu LED : Setelah casing terlepas, maka langkah selanjutnya adalah melepas lampu. Pada beberapa Blackberry terbaru, system yang digunakan adalah plug in system, sehingga Anda tidak perlu melepasnya dengan solder. Namun untuk beberapa Blackberry versi terdahulu, Anda harus melepas lampu tersebut dengan menyolder bagian kabel.
Memilih lampu : Untuk mendapatkan lampu LED yang mempunyai daya tahan lebih lama, Anda bisa menggunakan spare part yang original. Beberapa jenis lampu type ini biasanya harganya cukup mahal, namun jika dibandingkan dengan kualitas yang bagus, maka harga tersebut sebanding dengan apa yang kita keluarkan.
Memasang lampu : Setelah lampu terlepas, maka Anda tinggal memasang lampu LED. Usahakan jangan sampai terbalik posisi pin lampu tersebut. Selain itu, disarankan sebelum memasang casing, Anda mencoba lampu LED yang baru saja Anda pasang apakah sudah berfungsi dengan baik. Jika semua sudah berfungsi dengan baik, Anda bisa memasang kembali casing tersebut

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...