multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Bau Kaki… Ohhhhh Tidak!!!


Tips Mengatasi Bau Kaki

Bromhidrosis adalah istilah di bidang medis untuk bau menyengat yang berasal dari salah satu bagian badan, bau tidak menyenangkan yang disebabkan oleh keringat. Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Namun, karena keringat sudah berinteraksi dengan bakteri maka Interaksi ini menghasilkan bau khas dari badan.
Termasuk keringat yang berasal dari kaki. Tentunya bau yang berasal dari kaki seringa kali di jumpai, atau mungkin kita adalah satu dari pemilik dari kaki yang berbau.
Kaki bau, enggak banget dech (apalagi pas ngapel..hehe )????…sekeren apapun sosoknya, kalau pas buka sepatu terus tercium aroma aneh, pasti akan menimbulkan masalah besar. Selain menganggu aktivitas, bau kaki juga bisa menurunkan kadar percaya diri seseorang. Bau kaki di sebabkan karena lingkungan yang lembab sehingga mengoptimalkan perkembangan bakteri. Seperti di ketahui bahwa tubuh mempunyai 250.000 kelenjar keringat, sedangkan kaki termasuk bagian tubuh yang paling sering berkeringat. Dalam satu hari telapak kaki bisa memproduksi lebih dari satu pint (568ml) keringat. Dan keringat itu sendiri merupakan campuran air dan garam.
Bau kaki paling sering timbul jika kondisi kaos kaki dan kondisi kaki dalam keadaan lembab atau kotor. Seperti kondisi yang terjadi pada diri saya. Sejak kecil telapak kaki selalu berkeringat secara berlebihan. Rasanya sangat tidak nyaman sekali. Apalagi jika sedang berolah raga. Saya merasa seperti sedang berendam di bak air. Saya sering merasa tidak pede dengan kondisi seperti ini, dan tidak jarang setiap pulang sekolah, saya sering sedikit ngomel pada mama, mengapa terlahir dengan kondisi telapak kaki dan tangan yang selalu basah berkeringat.
Ahkirnya mama saya mengatasi hal tersebut dengan membawakan beberapa helai kaos kaki setiap harinya. Saya ingat sekali, setiap 2 jam sekali, pasti saya ke kamar mandi dan mengganti kaos kaki. Hal tersebut ternyata berhasil, karena dengan menganti kaos kaki kelembaban sepatu menjadi bisa teratasi.
Keadaan kaki yang terkadang menimbulkan bau aneh ini bukan berarti tidak bisa di hilangkan walaupun sebenarnya sangat sulit.
Berikut beberapa saran dan tips mengantisipasi kondisi kaki yang bau.
11. Jagalah kondisi kaki dan sepatu agar tidak lembab.
Alangkah baiknya sebelum memakai sepatu, keringkan kaki terlebih dahulu. Karena jika kondisi kaki dalam keadaam basah maka akan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri. Usahakan jangan memakai sepatu yang basah habis kehujanan.
22. Selalu gunakan kaos kaki.
Gunakan kaos kaki yang berbahan dari katun, karena jenis bahas ini bisa menyerap keringat dan membuat kaki bernafas dengan baik. Gantilah kaos kaki setiap hari, serta jangan menyimpan kaos kaki dalam sepatu. hal ini berguna agar ruang sepatu tetap dalam berada posisi yang kering.
Bagi para wanita, jaman sekarang sudah banyak terdapat kaos kaki setengah telapak kaki yangbisa di dapat dengan mudah di took-toko sepatu.
Dan gantilah kaos kaki setiap hari, jika perlu untuk kondisi tertentu membawa kaos kaki cadangan.
33. Rendam kaki dengan alkohol.
Sekali waktu rendamlah kaki dengan alkohol. Hal ini berfungsi sebagai antiseptic, karena alkohol bisa membunuh jamur dan bakteri yang menempel di kaki (sela-sela jari). Dengan matinya jamur dan bakteri maka walaupun kaki dalam keadaan lembab, tidak mudah menimbulkan bau.
44. Konsultasi ke Dokter.
Apalagi bau di kaki makin tidak terkendali. Sangat di sarankan untuk menemui dokter dan berkonsultasi. Biasanya dokter akan memberikan resep anti keringat dalam bentuk rol bola khusus yang di formulasikan untuk mengurangi jumlah keringat pada kaki. Rol ini bernama Drysol.
55. Sepatu
Jika bicara bau kaki tentunya tidak jauh dari alas kaki yang di gunakan. Satu hal yang penting untuk di ingat adalah usahakan jangan memakai sepatu yang sama dalam jangka waktu yang lama (setiap hari). Karena hal tersebut bisa membuat bakteri untuk menetap dalam sepatu. dan menyebabkan bagian dalam sepatu menjadi sangat lembab. Hal inilah yang menimbulkan bau kaki.
Di samping hal-hal yang sudah sebutkan di atas, bisa juga mencoba beberapa tips sederhana, yang bahan bakunya sangat mudah di dapatkan. Di antaranya sebagai berikut :
16. Menggunakan tawas.
Tawas mudah di dapatkan di pasar dan toko bangunan. Caranya cairkan tawas, atau rendam dalam wadah plastik. Sesaat sebelum menggunakan sepatu, oleskan tipis-tipis pada telapak atau sela-sela jari. Tunggu beberapa saat. Kemudian baru menggunakan sepatu.
Atau bisa juga dengan merendam kaki di air rendaman tawas.
Selain untuk menghilangkan bau kaki, tawas bisa juga di gunakan sebagai penetral bau di ketiak. Sesudah mandi, usaplah ketiak dengan air rendaman tawas. Di jamin bebas bau.
( Bapak saya sudah membuktikannya )
27. Baking soda
Menaburkan baking soda kedalam sepatu bisa membantu menghilangkan kelembaban dan juga bau yang di timbulkan dari dalam sepatu.
Caranya, taburkan baking soda kedalam sepatu. tunggu beberapa saat, kemudian kibas-kibaskan sepatu dari bubuk tersebut, atau bisa juga gunakan sikat sepatu.
38. Sari cuka apel.
Fungsinya untuk mengontrol bau kaki, rendamlah kaki setiap 2 hari sekali, dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat.
49. Larutan teh
Buatlah larutan dengan lima sachet teh. Setelah airnya dingin rendam kaki dengan larutan tersebut selama 30 menit. Karena zat tannin yang terkandung dalam teh bersifat sebagai astringent yang akan membantu mengurangi keringat dari telapak kaki..
Semoga bermanfaat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive