multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Profil Pedro Proenca Wasit Final Liga Champion 20 Mei 2012

BERITA BOLA - Profil Pedro Proenca Wasit Final Liga Champion 20 Mei 2012. Pedro Proenca resmi terpilih sebagai wasit final Liga Champions 2012. Jadi pengadil lapangan laga Chelsea versus Bayern Munchen akhir pekan ini (19/5) merupakan capaian terbaik wasit yang berkebangsaan Portugal itu. Sebelumnya, laga tertinggi yang dipimpin Proenca adalah semi final musim lalu ketika Manchester United mengalahkan Schalke 04 dengan skor 4-1 di Old Trafford.

UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) belum merilis keterangan resmi. Tetapi, kepastian nama Proenca telah dibenarkan Departemen Media dan Pers Bayern. ”Pedro Proenca akan memimpin final Liga Champions 2012.” Demikian rilis tersebut seperti di situs resmi klub.

Proenca, 41, merupakan satu di antara dua wasit Portugal yang terpilih untuk memimpin partai puncak. Pendahulu Proenca adalah Antonio Garrido yang bertugas pada edisi 1980 di Santiago Bernabeu.

Yang menarik kala itu, Garrido juga memimpin laga klub Inggris versus klub Jerman. Yakni Nottingham Forest kontra Hamburg SV. Hasilnya, Forest menang 1-0 berkat gol semata wayang John Robertson pada menit ke-21.

Track record Proenca juga merugikan Bayern. Wasit yang juga terpilih untuk Euro 2012 tersebut tercatat dua kali memimpin laga home Bayern di Liga Champions. Hasilnya, FC Hollywood selalu kalah!

Pertama, ketika Bayern kalah 2-3 oleh Inter Milan di babak 16 besar musim lalu. Kedua, pada fase grup dua musim lalu (2009–2010) ketika Bayern dipermalukan Girondins Bordeaux dua gol tanpa balas. Di sisi lain, wasit yang juga berprofesi sebagai penasihat keuangan tersebut belum pernah memimpin laga Chelsea.

Di Liga Champions musim ini, Proenca sudah lima kali bertugas. Laga terakhir yang di pimpinnya adalah pada babak 16 besar ketika Inter menang 2-1 atas Olympique Marseille. Dari lima laga tersebut, Proenca tercatat mengeluarkan tiga kartu merah dari sakunya.

Jumlah itu adalah yang terbanyak dalam semusim sejak dia menjadi wasit Liga Champions pada musim 2005–2006. Bandingkan dengan musim lalu yang hanya mengeluarkan dua kartu merah atau dua musim sebelumnya yang hanya satu kartu merah.

Yang juga menjadi catatan, Proenca termasuk wasit yang menyukai drama pada masa injury time pertandingan, baik di babak pertama maupun babak kedua. Tercatat dua kartu merah dan empat free kick dalam empat laga terakhir Liga Champions yang dipimpinnya (sekali di akhir babak pertama dan tiga kali di akhir babak kedua).

Dalam sejarah Liga Champions, Jens Lehmann tercatat sebagai pemain terakhir yang terkena kartu merah pada menit akhir laga. Yakni ketika kiper Arsenal itu tampil dalam final 2006 kontra Barcelona.

Berikut Profil Pedro Proenca:

Nama Lengkap: Pedro Proenca Oliveira ALves Garcia
Kebangsaan: Portugal
Lahir: Lisbon, 3 November 1970
Profesi Lain: Penasehat Keungan
Karir Wasit:
  • 1998 - sekarang: Wasit Liga Portugal
  • 2003 - sekarang: Lisensi FIFA (wasit pertandingan internasional)
Jumlah Laga Internasional: 62 (238 Kartu Kuning, 10 Kartu Merah, 13 pinalti)
Prestasi:
  • 2006/2007 dan 2010/2011: Wasit Terbaik Portugal
  • 2012: Wasti Final Liga Champions

Sumber: http://aneka-wacana.blogspot.com/2012/05/profil-pedro-proenca-wasit-final-liga.html

    No comments:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Blog Archive