Contoh Kesimpulan dan Saran

Dhono-wareh PENGAMBILAN KESIMPULAN dan SARAN

Langkah-langkah Riset
•Mendefinisikan dan merumuskan masalah
•Menyusun landasan teori atau melakukan studi kepustakaan
•Memformulasikan hipotesis
•Menentukan model
•Mengumpulkan data
•Mengolah dan menyajikan data
•Menganalisis dan menginterpretasi
•Membuat kesimpulan dan rekomendasi(saran)
•Membuat laporan


Menganalisis dan menginterpretasi
– Setelahdata diolah, kemudian informasi hasil olahan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan alat-alat analisis yang sesuai dengant ujuanr iset agar menghasilkan kajian yang cukup tajam, mendalam dan luas.

– Alat-alat analisis kuantitatif maupun kualitatif dapat dipilih sesuai dengan bidangnya, tujuannya dan desain penelitiannya.

Membuat kesimpulan dan rekomendasi (saran)
–Setelah melakukan analisis dan interpretasi, selanjutnya peneliti membuat generalisasi (kesimpulanumum) berdasarkan batasan-batasan penelitian yang ada dan sesuai dengan hipotesis yang diajukan.

–Selain itu juga perlu menyajikan saran, karena penelitian biasanya memiliki keterbatasan-keterbatasan atau asumsi-asumsi.
–Jika riset merupakan riset terapan, maka agar hasil riset dapat diterap kan dengan baik maka bisa saja ada saran-saran yang perlu di pertimbangkan oleh pelak sana hasil riset.


–Jika riset merupakan riset dasar, artinya riset yang bertujuan untuk kepentingan teori, dengan adanya keterbatasan penelitian biasanya disarankan agar peneliti yang selanjut nya untuk menindak lanjuti hasil riset ini dengan menggunakan asumsi-asumsi yang lain. Sehingga dapat dihasilkan suatus cientificlaw yang berlaku umum.

Kesimpulan merupakan pembuktian hipotesis
•Kesimpulan ≠ Ringkasan
•Kesimpulan ditulis ringkas dan memuat informasi yang cukup sehingga pembaca mengetahui pembuktian hipotesis tersebut
•Menarik kesimpulan selalu harus didasarkan pada data yang diperoleh dalam kegiatan penelitian (data yang telah diolah/dianalisis)

Saran merupakan catatan lain yang menunjukkan kekurangan yang ditemukan dalam penelitian, kemungkinan penelitian lanjut, maupun potensi yang dimiliki oleh metoda penelitian yang digunakan

contoh kesimpulan dan saran dalam makalah

 BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

Dengan proses pembuatan sistem informasi ini, maka dapat disimpulkan perubahan-perubahan yang terjadi didalam lembaga pendidikan ini yaitu :

¨ Tidak adanya duplikasi terhadap kode dan nomor bukti yang digunakan.

¨ Perubahaan terhadap alur dokumen, yang mana setelah perbaikan sistem ternyata lebih cepat, akurat, dan baik karena sudah dilakukan dengan pengelolahan data secara komputer.

¨ Informasi mengenai daftar pengajar, kemampuannya dan mengenai jadwal, ruang dan lainsebagainya dapat diperoleh lebih cepat dan juga setiap saat.

¨ Perubahaan juga dijumpai terhadap struktur organisasi, yang mana seharusnya data-data atau informasi laiinya diperoleh dari bawahan atau atasan kini kita secara mandiri dapat memperolehnya dari komputer sendiri.

5.2 Saran

¨ Perlunya pelatihan diadakan terhadap operator yang akan menggunakan komputer ini. 
¨ Pembuatan terhadap Backup file-file yang penting bagi lembaga sebaiknya dilakukan setiap akhir bulan



Kesimpulan 
Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali menyebabkan peningkatankebutuhan hidup yang signifikan, seperti kebutuhan akan pangan dan energy.Kebutuhan pangan yang mengalami peningkatan menyebabkan dilakukannyapembukaan lahan pertanian yang jika dilakukan dengan cara yang salah (alihfungsi lahan) akan mengakibatkan kerusakan ekosistem, penurunan diversitasbiologi, dan terganggunya siklus biogeokimia. Namun jika sudah terjadi kerusakandi ekosistem dapat dilakukan perbaikan kondisi ekosistem melalui restorasiekologi. Sedangkan pemenuhan kebutuhan energi yang semakin besar jumlahnyaakan menyebabkan sumber daya semakin menipis. Hal ini memunculkan energialternatif dan energi masa depan sebagai solusi mengatasi penipisan sumber dayayang ada.
Saran
Bagi pemerintah: Menggalakan program KB untuk mengatasi ledakan penduduk yang secaratidak langsung mengurangi jumlah kebutuhan akan pangan dan energi, juga kapasitas bumisehingga mengurangi kerusakan ekosistem. Selain itu, pemerintah juga membuat tata kota yangseimbang dan menindak tegas oknum-oknum yang melakukan tindakan pengalih fungsian lahantanpa izin.Bagi masyarakat: tidak melakukan pengrusakan lingkungan, menghemat penggunaan energi,mengganti energi yang tidak dapat diperbaharui dengan energi alternatif yang lebih ramahlingkungan dan dapat diperbaharui.
A. Kesimpulan
Dari Pembahasan dalam karya ilmiah ini, kesimpulan penulis adalah sebagai berikut:
1. Para remaja tidak selamanya berperilaku negatif ternyata ada beberapa remaja yang mampu menjadi teladan bagi remaja di sekitar, bahkan masyarakatnya.
2.Kurangnya dorongan dari pada orangtua menghambat kreativitas para remaja.
3. Apa yang dilakukan oleh para siswa SMK Muara Badak patut di contoh oleh remaja lain.
B. Saran
Berdasarkan pembahasan, saran penulis adalah sebagai berikut:
1.Perlunya dorongan dan perhatian dari pemerintah dengan cara menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan remaja yang bersifat positif.
2.Kegiatan cinta lingkungan hidup yang dilakukan oleh siswa SMK Muara Badak di harapkan menjadi contoh teladan bagi siswa/remaja lainnya.


TAG: Download Contoh Karya Ilmiah Sampah masker tradisional utk menghilangkan jerawat Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Bahaya Narkoba contoh kesimpulan dan saran makalah

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...