Power Ranger Dari Masa ke Masa (FULL)



Wuiihh ... coba liat gambar di atas trus hitung dech ada berapa jumlah mereka? Haha bingung kan saking banyaknya. Sobat blogger semua pasti tau kan siapa mereka? Tapi tau gak tu siapa yang berjejer paling depan alias Rangers utama? Kalo ada yang belum tau, sekarang kita bakalan bahas. Yupz, kali ini aku bikin special postingan (tanpa telor) yang khusus membahas tentang Super Sentai atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Power Rangers. Kenapa aku bikin postingan tentang Super Sentai? Yang pertama coz aku suka :D yang kedua coz sekarang tu 35th Universary-nya Super Sentai! Horeee....! Hehehe. Untuk sobat blogger yg sudah masuk usia 20an lebih (terutama blogger cowo) tentunya hal ini langsung membawa ingatan kita kembali ke masa kanak2 dulu. Yaa, sekalian bernostalgia, kita sama2 mengingat lagi semua Super Sentai / Power Rangers mulai dari yang pertama kali alias ter-jadul yang efek2nya kalo kita liat sekarang kadang bikin geli sampe yang sekarang yg ter-modern dengan efek2 komputer yg luar biasa. Owya, sekarang jumlahnya udah ada 35 Super Sentai lho!
Postingan tentang Super Sentai / Power Rangers ini aku bagi 2 part yaitu part Super Sentai (saja) dan part Super Sentai - Power Rangers yang dimulai dari masa Kyoryu Sentai Jurenja atau yang oleh kita lebih dikenal dengan Mighty Morphin Power Rangers. Nah, langsung aja untuk part 1 coba kita check ada siapa saja. Selamat bernostalgia :)

(1)
-----------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------


1. Himitsu Sentai Goranger/ Five Rangers (1975)


Goranger adalah serial Super Sentai yang pertama dari serangkaian serial SuperSentai. Goranger beranggotakan lima orang: 4 pria dan 1 wanita. Anggotanya adalah Akaranger (merah), Aoranger (biru), Kiranger (kuning), Momoranger (merah muda) dan Midoranger (hijau). Musuhnya adalah The Black Cross Army.
2. J.A.K.Q. Dengekitai / JAKQ (1977)


J.A.K.Q. adalah serial Super Sentai yang kedua dari serangkaian serial SuperSentai. J.A.K.Q. adalah singkatan dari Jack, Ace, King, dan Queen. Beranggotakan lima orang: 4 pria dan 1 wanita. Tidak seperti Sentai lainnya, J.A.K.Q. Dengekitai mulanya terdiri dari 4 anggota. Anggota ke-5 (Big One) baru muncul pada episode ke-23. Anggotanya adalah Spade Ace (merah), Dia Jack (biru), Heart Queen (merah muda), Clover King (hijau), dan Big One (putih). Yang ini gak punya mecha/robot gede lho. Musuhnya adalah organisasi kejahatan CRIME.

3. Battle Fever J (1979)


Battle Fever J adalah serial Super Sentai yang ke-3 dari serangkaian serial Super Sentai. Para ranger diberi nama berdasarkan nama negara-negara di dunia: Battle Japan (Jepang), Battle France (Perancis), Battle Cossack (Uni Soviet), Battle Kenya, dan Miss America (Amerika Serikat). Serial ini merupakan serial pertama yang menggunakan nama Super Sentai (dua serial sebelumnya menggunakan judul "Sentai", tanpa tambahan "Super"). Para ranger harus mengendalikan robot raksasa untuk mengalahkan monster yang sudah menjadi terlampau besar. Walaupun demikian, ketika Toei mengumumkan Chouriki Sentai Ohranger sebagai tim super sentai ke-19, Goranger dan J.A.K.Q. juga dihitung sebagai serial Super Sentai.


4. Denshi Sentai Denjiman / Denziman (1980)


Denziman adalah serial Super Sentai yang ke-4 dari serangkaian serial Super Sentai. Beranggotakan lima orang: 4 pria dan 1 wanita. Anggotanya adalah Denzi Red (merah), Denzi Blue (biru), Denzi Yellow (kuning), Denzi Green (hijau), dan Denzi Pink (merah muda). Musuhnya adalah Klan Vader.


5. Taiyo Sentai Sun Vulcan (1981)

Sun Vulcan adalah serial Super Sentai yang ke-5 dari serangkaian serial Super Sentai, dan merupakan sekuel dari Denshi Sentai Denziman. Sun Vulcan hanya terdiri dari tiga anggota yang semuanya laki-laki (tidak ada anggota wanita). Anggotanya adalah Vul Eagle (merah), Vul Shark (biru), dan Vul Panther (kuning). Musuhnya adalah kerajaan mesin Black Magma.


6. Dai Sentai Goggle Five / Goggle V (1982)


Goggle V adalah seri Super Sentai yang ke-6 dan ini merupakan Super Sentai yang pertama kali beredar di Indonesia pada pertengahan tahun 80-an. Seri Goggle V sangat populer di kalangan anak-anak yang lahir pada tahun tersebut. Goggle V beranggotakan lima orang, empat pria dan satu wanita. Anggotanya adalah Goggle Red (merah), Goggle Black (hitam), Goggle Blue (biru), Goggle Yellow (kuning), dan Goggle Pink (merah muda). Musuhnya adalah kerajaan Deshdark.


7. Kagaku Sentai Dynaman / Dynaman (1983)


Dynaman adalah serial Super Sentai yang ke-7 dari serangkaian serial Super Sentai. Dynaman beranggotakan lima orang, empat pria dan satu wanita. Anggotanya adalah Dyna Red (merah), Dyna Black (hitam), Dyna Blue (biru), Dyna Yellow (kuning), dan Dyna Pink (merah muda). Kendaraannya adalah Dyna Falcon, Dyna Machine dan Surf Jet. Mechanya adalah Dyna Jupiter, Dyna Robo, Dyna Mach, Dyna Mobile dan Dyna Garry. Musuhnya adalah Tailed-People Clan Evilution Empire.

8. Choudenshi Bioman / Bioman (1984)


Bioman adalah serial Super Sentai yang ke-8 dari serangkaian serial Super Sentai.Bioman beranggotakan lima orang, 3 pria dan 2 wanita. Anggotanya adalah Red One (merah), Green Two (hijau), Blue Three (biru), Yellow Four (kuning), dan Pink Five (merah muda). Berubah dengan menggunakan Techno Braces. Senjatanya adalah Bio Swords. Mechanya adalah Bio Dragon dan Bio Robo. Musuhnya adalah Neo Gear Empire.


9. Dengeki Sentai Changeman (1985)

Changeman adalah serial Super Sentai yang ke-9 dari serangkaian serial Super Sentai. Changeman beranggotakan lima orang, 3 pria dan 2 wanita. Anggotanya adalah Change Dragon (merah), Change Griffin (hitam), Change Pegasus (biru), Change Mermaid (putih), dan Change Phoenix (merah muda). Berubah dengan menggunakan Change Brace. Senjatanya adalah Change Sword dan Power Bazooka. Kendaraanya adalah Auto Changers dan Change Cruiser. Mechanya adalah Shuttle Base dan Change Robo. Musuhnya adalah Liga Bintang Besar Gozma.


10. Choushinsei Flashman (1986)

Flashman adalah serial Super Sentai yang ke-10 dari serangkaian serial Super Sentai. Flashman beranggotakan lima orang, 3 pria dan 2 wanita. Anggotanya adalah Red Flash (merah), Green Flash (hijau), Blue Flash (biru), Yellow Flash (kuning) dan Pink Flash (merah muda). Berubah dengan menggunakan Prism Flash. Senjatanya adalah Prism Shooter dan Rolling Vulcan. Kendaraanya adalah Flash Hawks, Round Base dan Star Condor. Mechanya adalah Flash King, Titan Boy, dan Great Titan. Musuhnya adalah Reconstructive Experiment Empire Mess.


11. Hikari Sentai Maskman / Maskman (1987)


Maskman adalah serial Super Sentai yang ke-11 dari serangkaian serial Super Sentai. Flashman beranggotakan lima orang, 3 pria dan 2 wanita. Anggotanya adalah Red Mask (merah), Black Mask (hitam), Blue Mask (biru), Yellow Mask (kuning) dan Pink Mask (merah muda). Kemudian ditambah oleh X1 Mask (hijau). Berubah dengan menggunakan Masking Brace. Senjatanya adalah Laser Magnum, Shot Bomber, dan Jet Cannon. Kendaraanya adalah Spin Cruiser, Mask Roaders dan Turbo Ranger. Mechanya adalah Great Five dan Galaxy Robo. Musuhnya adalah Kekaisaran Bawah Tanah Tube.


12. Choujuu Sentai Liveman / Liveman (1988)

Liveman adalah serial Super Sentai yang ke-12 dari serangkaian serial Super Sentai, dan juga acara Super Sentai final pada periode Showa. Liveman beranggotakan lima orang, 4 pria dan 1 wanita. Anggotanya adalah Red Falcon (merah), Yellow Lion (kuning), Blue Dolphin (biru), Black Bison (hitam), dan Green Sai / Green Rhino (hijau). Berubah dengan menggunakan Twin Brace. Senjatanya adalah Live Blaster, Bimotion Buster, dan Triple Bazooka. Kendaraanya adalah Moto Machine, Live Cougar dan Machine Buffalo. Mechanya adalah Live Robo, Live Boxer dan Super Live Robo. Musuhnya adalah Volt.


13. Kousoku Sentai Turboranger (1989)


Turboranger adalah serial Super Sentai yang ke-13 dari serangkaian serial Super Sentai, dan juga acara Super Sentai pertama pada periode Heisei.Turboranger beranggotakan lima orang: 4 pria dan 1 wanita. Anggotanya adalah Red Turbo (merah), Yellow Turbo (kuning), Blue Turbo (biru), Black Turbo (hitam), dan Pink Turbo (merah muda). Berubah dengan menggunakan Turbo Brace. Senjatanya adalah Turbo Lasers. Kendaraanya adalah Mach Turbo dan Turbo Attacker. Mechanya adalah Turbo Robot, Turbo Rugger, Super Turbo Robot dan Super Turbo Builder. Musuhnya adalah Hundred Violent Demon Tribes.


14. Chikyuu Sentai Fiveman / Fiveman (1990)


Fiveman adalah serial Super Sentai yang ke-14 dari serangkaian serial Super Sentai, dan juga acara Super Sentai pertama pada periode 1990-an (tahun aku lahir .. hehe). Fiveman beranggotakan lima orang, 3 pria dan 2 wanita. Anggotanya adalah Five Red (merah), Five Blue (biru), Five Black (hitam), Five Pink (merah muda), dan Five Yellow (kuning). Berubah dengan menggunakan V-Changer. Senjatanya adalah Five Blaster, Five Tector, Earth Cannon, Super Five Ball, dan Brother Attack. Kendaraanya adalah Hawk Arrows. Mechanya adalah Five Robo, Star Five, Super Five Robo, dan Max Magma. Musuhnya adalah Silver Imperial Army Zone.


15. Choujin Sentai Jetman / Jetman (1991)

Jetman adalah serial Super Sentai yang ke-15 dari serangkaian serial Super Sentai, dan juga homage untuk Gatchaman. Jetman beranggotakan lima orang, 3 pria dan 2 wanita. Anggotanya adalah Red Hawk (merah), Black Condor (hitam), Yellow Owl (kuning), White Swan (putih), dan Blue Swallow (biru). Kemudian ditambah Green Eagle (hijau). Berubah dengan menggunakan Cross Changer dan berkomunikasi dengan Corresponder. Senjatanya adalah Bird Blasters, Bringer Swords, Beak Smashers, dan Wing Gauntlet. Kendaraanya adalah Jet Striker, Jet Bouncer, dan Jet Speeders. Mechanya adalah Jet Ícaros, Jet Garuda, Great Ícaros, dan Tetra Boy. Musuhnya adalah Silver Dimensional War Party Vyram.


(2)
-----------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------

Kalo di atas kita udah tau semua Super Sentai mulai dari yg pertama yaitu Himitsu Sentai Goranger yg dirilis tahun 1975 sampe Super Sentai ke-15 yaitu Choujin Sentai Jetman tahun 1991. Sedangkan untuk part 2 sekarang kita bakalan bahas Super Sentai plus Power Rangers. Apa bedanya? Kata bapak TB juga Power Rangers (SABAN - Amrik) tu tiruan adaptasi dari Super Sentai (TOEI - Jepun). Ada perbedaannya baik dalam hal cerita atau yang lainnya dan masing2 tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tergantung dari sobat blogger lebih nyaman nonton yang versi mana. :) Nah, Power Rangers tu mulai pada era Kyouryuu Sentai Zyuranger (Jepun) dengan nama Mighty Morphin Power Rangers (Amrik). Ini nih Power Rangers yang paling melekat di ingatanku. Sampe sekarang jg masih ingat dulu pernah punya action figure-nya Ranger Merah n Hijau trus dua-duanya d ambil ma orang gila lewat gara2 d tinggal coz ketakutan. Waktu tu sedih banget. Haha malah curhat. Ok dech langsung aja ya kita liat di part 2 ini ada siapa aja. Cekidot!

16. Kyouryuu Sentai Zyuranger (JPN) - Mighty Morphin Power Rangers (USA)



17. Gosei Sentai Dairanger (JPN) - Mighty Morphin Power Rangers 2 (USA) -Star Ranger (INA)



 

 
ada juga yang kayak begini jadi kalo gak salah ada 2
-Bonus : 
Mighty Morphin 3 (Ninja Ranger)

18. Ninja Sentai Kakuranger (JPN) - Mighty Morphin Power ALien Rangers (USA) - Ninja Ranger (INA)



19. Choriki Sentai Ohranger (JPN) - Power Rangers Zeo (USA) - Oh Ranger (INA)



20. Gekisou Sentai Carranger (JPN) - Power Rangers Turbo (USA)

21. Denji Sentai Megaranger (JPN) - Power Rangers In Space (USA)

22. Seijuu Sentai Gingaman (JPN) - Power Rangers Lost Galaxy (USA)



23. KyuKyu Sentai GoGo V (JPN) - Power Rangers Lightspeed Rescue(USA)


24. Mirai Sentai Timeranger (JPN) - Power Rangers Time Force (USA)



25. Hyaku Juu Sentai Gaoranger (JPN) - Power Rangers Wild Force (USA)
26. Ninpuu Sentai Hurricanger (JPN) - Power Rangers Ninja Storm (USA)


27. BakuRyuu Sentai Abaranger (JPN) - Power Rangers Dino Thunder (USA)


28. Tokusou Sentai Dekaranger (JPN) - Power Rangers S.P.D (USA)

29. Mahou Sentai Magiranger (JPN) - Power Rangers Mystic Force (USA)

30. Gougou Sentai Boukenger (JPN) - Power Rangers Operation Overdrive (USA)


31. Juken Sentai Gekiranger (JPN) - Power Rangers Jungle Fury (USA)

32. Engine Sentai Go-Onger (JPN) - Power Rangers RPM (USA)

33. Samurai Sentai Shinkenger (JPN) - Power Rangers Samurai (USA)

34. Tensou Sentai Goseiger (2010)


35. Kaizoku Sentai Gokaiger (2011)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...