multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

JELANG FINAL LIGA CHAMPIONS 2011/2012 (BAYERN MUNCHEN VS CHELSEA) EDISI 3

BERITA BOLA - JELANG FINAL LIGA CHAMPIONS 2011/2012 (BAYERN MUNCHEN VS CHELSEA) EDISI 3. Berlaga di Allianz Arena memang menguntungkan Bayern Munchen saat melawan Chelsea di final Liga Champions akhir pekan ini (19/5). Sebab, Bayern tentu sudah familier dengan atmosfer pertandingan di kandang sen diri.

Bandingkan dengan Chelsea yang belum pernah tampil di stadion berkapasitas 69.901 penonton ketika di laga domestik dan hanya 66 ribu untuk laga internasional, termasuk final. Chelsea juga tidak memiliki hoki alias sering meraih hasil jelek ketika bertanding di tanah Jerman.

Namun, apabila mengacu situasi di awal musim, Bayern justru bukan tim yang menakutkan ketika berlaga di kandang sendiri. Bagaimana tidak, dalam home perdana di Bundesliga pada 7 Agustus 2011, fans Bayern harus melihat tim kesayangannya takluk 0-1 oleh Borussia Moenchengladbach.

Kekalahan itu melengkapi hasil kurang menggembirakan dalam turnamen pramusim, Piala Audi, 26–27 Juli 2011. Bayern tidak mampu menorehkan kemenangan selama 2 x 45 menit dalam dua laga setelah ditahan seri 1-1 kontra AC Milan dan keok dua gol tanpa balas oleh Barcelona.

”Kekalahan di laga pertama musim ini tidak diharapkan. Itu merupakan kecelakaan,” kata Philipp Lahm, kapten Bayern, di situs resmi UEFA.

Lahm mungkin benar. Sebab, setelah itu, Bayern menang enam kali beruntun serta gawang Manuel Neuer tidak pernah kebobolan. Tetapi, pada 19 November 2011, Bayern kembali menelan keka lahan keduanya di Allianz Arena. Yang lebih menyakitkan, kekalahan itu terjadi saat mereka melawan rival utama, Borussia Dortmund.

Dengan dua kekalahan home, Bayern tidak termasuk jago kandang di deretan klub Bundesliga lainnya musim ini. Predikat itu menjadi milik Hannover 96 yang tidak pernah kalah di kandang. Dortmund dan Moenchengladbach juga hanya kalah sekali.

”Tidak ada skenario yang ideal selain menjalani pertandingan terakhir musim di kandang sendiri, lalu meraih juara Liga Champions. Namun, skenario tidak selalu mulus,” kata Presiden Bayern Uli Hoeness dalam wawancara dengan Sueddeutsche Zeitung.

”Jika ada pemain yang merasa akhir pekan ini adalah Oktoberfest (festival dua mingguan yang digelar di Munchen setiap akhir September atau awal Oktober, Red), dia jelas salah besar,” sambung Hoeness yang menggaransi pelatih Jupp Heynckes masih bertahan musim depan tanpa terpengaruh hasil final Liga Champions.

Dari kubu Chelsea, kiper Petr Cech tetap menilai Bayern memiliki keuntungan bermain di Allianz. Cech juga mengganggap Allianz merupakan venue ideal untuk partai final. ”Ini laga final dan Anda pasti berpikir pe luang masing-masing tim 50-50. Tapi, bermain di kandang sendiri dan memiliki ruang ganti Anda sendiri adalah sebuah keuntungan besar,” tuturnya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive