multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tips Cara Memandikan Bayi yang Benar

Tips Cara Memandikan Bayi yang Benar ANDA baru saja melahirkan dan punya Bayi tentunya sangat berhati hati dengan bayi tersebut. karena mungkin merasa was was karena baru pertama kali menimang bayi. Maka dari itu sebagian ibu ini menyerahkan semuanya kepada baby sitter. Tapi alangkah baiknya anda melakukan sendiri dengan hati hati tentunya merawat bayi anda.

berikut adalah Tips Cara Memandikan Bayi yang Benar

  1. Taruh bayi di atas perlak. Lepaskan kasa pembungkus pangkal talit pusat bila tali pusatnya belum puput.
  2. Tutupi tubuh bayi bisa dengan kain bedong atau handuk kecil agar tak kedinginan karena Anda akan mengeramasi kepalanya lebih dulu.
  3. Pegang punggung & leher bayi dengan telapak tangan kiri sementara ibu jari & telunjuk menutup telinga kanan & kiri agar tidak masuk air.
  4. Dengan tangan kanan, basuh kepalanya pakai air dari baskom pertama. Tuang sedikit shampoo ke rambutnya, lalu keramasi dengan lembut. Hati-hati terhadap ubun-ubunnya yang masih sangat lembut. Jaga jangan sampai sampo mengenai mata bayi.
  5. Ambil waslap pertama, celupkan ke dalam air di baskom pertama, lalu bilas kepalanya dengan lembut.
  6. Selanjutnya buka penutup tubuh bayi, basuh tubuhnya dengan air dari baskom kedua. Sabuni bagian depan tubuhnya. Tak apa-apa bila tali pusatnya yang belum puput terkena air atau sabun.
  7. Perlahan miringkan tubuhnya ke kiri dan kanan dengan memiringkan kepalanya untuk menyabuni belakang tubuhnya.
  8. Selanjutnya pegang tangan kanan bayi berganti dengan tangan kiri, kaki kanan dan kiri untuk disabuni pula. Lakukan secara lembut.
  9. Ambil waslap kedua, celupkan ke dalam air di baskom kedua, lalu bilas tubuh si bayi.
  10. Setelah itu angkat si bayi untuk dimasukkan ke dalam bak mandinya. Sangga punggung dan lehernya dengan lengan kiri sementara telapak tangan Anda menyangga ketiak kirinya. Lakukan bilasan terakhir dengan membasuh seluruh tubuhnya, dimulai dari bagian kepala. Usahakan jangan lama-lama agar bayi tidak kedinginan.
  11. Setelah tak ada bekas busa sabun dan shampoo, angkat bayi dan letakkan di atas handuk yang telah disiapkan, tepat di tengah-tengah.
  12. Tutup tubuh bayi dengan bagian handuk di sebelah kiri dan kanan, lalu keringkan kepalanya dengan "sisa" handuk di bagian atas.
  13. Setelah itu keringkan seluruh tubuhnya, tangan dan kaki.
  14. Pindahkan si bayi ke susunan pakaiannya. Perhatikan tali pusatnya. Bersihkan dengan cotton buds yang dibasahi alkohol 70% bila terdapat kerak di pinggiran pusar maupun kotoran di bagian dalamnya. Lalu libat pangkal tali pusat dengan kasa steril yang sudah dicelup alkohol 70 persen.
  15. Olesi perut dan punggung bayi dengan minyak telon. Beri bedak. Boleh juga diberi krim pada daerah lipatan paha.
  16. Setelah itu pakaikan popoknya, baru kemudian bajunya. Selanjutnya sisir rambutnya.
  17. Nah, si kecil sekarang sudah bersih dan wangi.

Selain dengan langkah langkah diatas sebagai seorang ibu untuk menghindari bayi anda rewel atau menangis Nyanyikanlah lagu yang Positip pada bayi. 
Baca tips Resep Bubur Bayi 6 Bulan
nama Nama Islami Untuk Anak

TAG: ucapan pernikahan islami terbaru tips rambut lurus secara alami tendangan si madun selamat menikah resep es pisang ijo khas makassar puisi hari pendidikan?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive