Blog di Blogspot dan Blog di Wordpress


blogspot vs wordpress
Blog di Blogspot dan Blog di Wordpress - Jika ada sobat blogger yang bingung dengan judul postingan kali ini, ya saya maklum ... Atau mungkin ada yang bertanya... maksudnya apa?? Sebetulnya maksud saya kali ini adalah menjelasakan tentang perbedaan antara blog di blogspot dan blog di wordpress. Berdasarkan penjelasan yang saya dapat dari sobat http://narzis.net, ada beberapa perbedaan yang sobat semua harus tahu antara ke 2 platform blogging raksasa ini.


Perbedaan Blog di Blogspot dan Blog di Wordpress

1. Template
Untuk template, keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. WordPress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML (template classic) dan CSS (new template) yang lebih mudah di edit secara manual. Namun, keduanya sama-sama memiliki dukungan template GRATISAN yang sama banyak.

2. Plugins
WordPress lebih diuntungkan dengan adanya Plugins yang memang sangat membantu. contohnya Plugins SEO Pack yang membantu penggunanya untuk meningkatkan konten maupun blognya di mata Search Engine. Sedangkan bagi pengguna Blogger.com harus diutak-atik sendiri templatenya untuk menjadi seo friendly.

3. Custom Domain
Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering DOWN.

4. Fitur
Dari segi fitur, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan. Blogspot lebih user friendly sehingga lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML. Pada tata letak, kita juga diberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk WordPress cenderung sedikit lebih ribet.

Blogspot juga diuntungkan dari segi monetize Blog. Blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize. Sementara pada WordPress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna WordPress tetap dapat memonetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.

WordPress juga memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur bila dibandingkan dengan Blogspot. Salah satu fitur unggulan tersebut adalah adanya fitur edit komentar. Jadi, komentar yang masuk di postingan kita bisa di edit sesuka hati, contohnya saja komentar yang berisi link maupun SPAM. Selain itu, fitur yang ditawarkan WordPress pada saat menulis postingan juga lebih lengkap bila dibandingkan dengan Blogspot. Hmmm…ada lagi nih, form komentar pada WordPress juga lebih user friendly. Sedangkan pada Blogspot, cenderung sedikit agak ribet (bagi pemula).


Postingan kali ini sama sekali tak bermaksud mencerai - beraikan ke 2 kubu ( Blogspot dan WordPress) namu sekedar membandingkan saja, untuk pilihannya tetap ada di tangan sobat.. kalo aku sih pilih blogspot.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...