multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

7 Hewan di Harry Potter yang ada di Dunia Asli


1. Phoenix
 
Phoenix Sebagai pelindung Albus Dumbledore, Fawkes sang phoenix sangat mirip dengan gambaran awal burung kekal. Legenda mengatakan, burung berwarna merah berbulu emas itu dapat hidup selama 1.000 tahun. Pada titik itu, ia akan terbakar dan terlahir kembali dari abu. Phoenix mewakili keabadian jiwa di Romawi, Yunani, Mesir, China, Kristen dan mitologi asli Amerika. Phoenix di kehidupan nyata hanyalah seekor ubur-ubur. Ubur-ubur hydrozoan (Turritopsi Nutricula) memiliki sel-sel dengan siklus tanpa akhir dari tahap polip dewasa belum matang ke tahap dewasa matang. Alhasil, ubur-ubur ini meregenerasi seluruh tubuhnya berulang kali.

2. Centaur
 
Centaur Hewan ini tinggal di Hutan Terlarang Sekolah Sihir Hogwarts, centaur bertubuh kuda dan berkepala manusia. Dalam seni Yunani, centaur digambarkan di atas batu pahatan kuno yang ditemukan di Skotlandia. Terdapat teori centaur berasal dari kebingungan penonton saat melihat orang menunggang kuda untuk pertama kalinya,

3. Chimera
 
Chimera Makhluk mitologi Yunani ini digambarkan sebagai “The Iliad” dan “makhluk abadi, bukan manusia, badan depan berupa singa, kambing di tengah, ular di belakang, dan bernapas api. Orang Yunani yakin binatang menjijikkan ini lahir dari gunung api di Lycia, Asia Kecil. Chimera juga digambarkan meneror desa Lisia sampai akhirnya terbunuh anak panah pahlawan Yunani, Bellerophon. Dalam dunia nyata, “chimera” merupakan istilah umum percobaan medis menggunakan sel dan DNA manusia-hewan.

4. Unicorn
 
Unicorn Dalam dunia Harry Potter, unicorn merupakan kuda ajaib bertanduk tunggal yang digunakan untuk ramuan. Selain itu, darahnya dapat menghidupkan kembali orang yang sekarat. Filolog Yunani dan Romawi Kuno percaya tanduk unicorn dapat menyembuhkan banyak penyakit. Mitos unicorn di abad pertengahan Eropa menyatakan, jika minum dari tanduk unicorn maka akan terlindung dari racun.

5.Griffin
 
Griffin Mitologi Griffin juga berasal dari Yunani. Makhluk menakutkan ini memiliki kaki depan, sayap dan kepala elang raksasa, serta tubuh dan kaki belakang singa. Hewan ini adalah pengawas Zeus. Orang Yunani yakin griffin berasal dari Asia dan India. Pada abad pertengahan, griffin selalu digambarkan menjaga benda berharga, seperti kotak perhiasan dan peti mati, makhluk ini juga memiliki peran sama di dunia Harry Potter.

6.Manusia Serigala
 
Manusia Serigala Manusia serigala digambarkan baik dan jahat di beberapa buku Harry Potter, namun dalam cerita rakyat, manusia serigala selalu berperan jahat. Dalam mitologi Yunani, Raja Lycaeon menyajikan sepiring daging manusia mentah pada raja para dewa, Zeus. Zeus marah dan mengubah Lycaeon menjadi serigala. Selama Abad Pertengahan, cerita manusia serigala berkelompok mengancam petani dan ternak menyebar cepat ke seluruh Eropa. Pada 1500-an di Bedburg, Jerman, ditemukan anggota badan di ladang, hal ini menakutkan warga desa. Pada 1589 ‘manusia serigala’ itu tertangkap. Namanya Peter Stubbe, ia mengklaim menjadi serigala ketika ia mengenakan kulit serigala. Ia dipenggal, dan dibakar di tumpukan kayu pada 31 Oktober 1590.

7. Sphinx
 
Sphinx Hewan ini memiliki badan singa dan kepala manusia. Sphinx digunakan orang Mesir kuno untuk mewakili dewa mereka. Hewan ini merupakan simbol kekuatan, kekuasaan dan kebangsawanan. Fir’aun dan ratu menyukai patung ini, bahkan meletakkan patung Sphinx pada nisan dan kuil pemakaman untuk menunjukkan hubungan kuat mereka dengan dewi Sekhmet, dewi yang digambarkan berkepala singa dan bertubuh wanita. Orang Mesir meyakini Sphinx menjaga harta karun, persis seperti Gringotts Wizarding Bank di Harry Potter.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive