multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Sukses Mendarat di Mars, Curiosity Kirim Foto

Ilustrasi pendaratan Curiosity di Mars

VIVAnews - Kendaraan robotik atau rover seukuran mobil milik Badan Antariksa Amerika Serikat yang dinamakan Curiosity berhasil mendarat di permukaan Mars. Dengan demikian, Curiosity siap menjalankan misinya untuk mencari kehidupan di planet merah ini.

Seperti film fiksi ilmiah, Curiosity mendarat setelah melakukan sejumlah manufer menembus atmosfer Mars. Setelah mengalami proses yang menegangkan, mengutip laman Space.com, roda rover ini menyentuh permukaan Mars sekitar pukul 01.31 waktu AS atau (05.17 GMT/ 12.17 WIB). 

Setidaknya butuh waktu sekitar 14 menit untuk mengirim sinyal suksesnya pendaratan Curiosity di Mars.

"Pendaratan terkonfirmasi. Tiba selamat di Mars," demikian konfirmasi pernyataan dari ruang pengendali misi.

Begitu konfirmasi diumumkan, sontak kegembiraan terasa di ruang pengendali misi yang berada di Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, AS. 

Proses Pendaratan


Setelah mengalami guncangan ketika masuk atmosfer Mars dengan kecepatan 21.000 kilometer per jam, wahana ulang alik yang berisi Curiosity pun segera mengeluarkan parasut untuk melambatkan laju hingga 320 km per jam.

Wahana ini kemudian menembakkan roket untuk terus memperlambat lajunya hingga 3,2 km per jam. Di saat inilah ketegangan memuncak, yang dijuluki tujuh menit yang menegangkan.

Roket dengan crane angkasa kemudian menurunkan Curiosity ke permukaan Mars dengan menggunakan kabel. setelah itu, Curiosity pun dilepas dan mendarat. Keenam roda rover ini pun menyentuh permukaan Mars.

Tak lama kemudian, rover ini pun mengirimkan gambar pertama suasana di Mars setelah pendaratan. Dalam siaran streaming yang disiarkan televisi NASA, terdengar beberapa kali pernyataan bahwa rover ini mengirimkan foto, yang juga terlihat adanya bayangan.
NASA pun kemudian mengunggah foto itu ke akun Twitter Jet Propulsion Laboratory milik NASA, di @NASAJPL. Berikut fotonya:
Foto pertama yang dikirim Curiosity

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive