Sekarang emang banyak acara-acara horor di TV. Tapi kamu tau nggak siapa pelopornya? Dulu ada acara horor apa aja? Jangan cuma tau yang sekarang ada, yang dulu juga kamu harus tau. Biar apa? Ya nggak apa-apa, biar Multi Info nggak sia-sia aja nyontek artikel ini dari NYUNYU. BACA!
1. Kismis
Kismis itu singkatan dari Kisah Misteri. Acara ini muncul pada taun 2003 di RCTI. Konon, katanya Kismis adalah pelopor acara-acara misteri di televisi. Kalo nggak salah, awalnya pembawa acara Kismis itu Caroline Zachrie. Tapi setelah beberapa episode kayaknya presenternya ganti deh. Siapa yang ganti, itulah yang Multi Info lupa. Maklum, itu udah 9 taun yang lalu. Pas  Multi Info  lagi lucu-lucunya. Hehehe. Acara ini nampilin kisah misteri yang berangkat dari kisah nyata. Kisah tersebut diilustrasikan dan didramatisasi biar lebih horor. Sebelum menjamurnya acara-acara horor di TV, satu-satunya tontonan horor ya Kismis ini. Nggak heran kalo sampe sekarang masih banyak yang inget keberadaan acara ini. Namanya juga pelopor acara horor.
2. Gentayangan
Uka-uka! Begitu tagline-nya. Masih ada yang inget? Pada taun 2002 acara ini tayang di TPI (sekarang MNCTV), yang jadi presenternya Toro Margens. Beda sama Kismis yang nampilin ilustrasi dari cerita horor, Gentayangan nyamperin tempat-tempat yang katanya horor. Konon di salah satu episodenya bener-bener ada penampakan, lho. Tapi  Multi Info nggak bisa cerita lebih lanjut karena  Multi Info penakut. Maaf, ya. Yang penting kan nama acara, siapa presenternya, dan tayang di mana udah  Multi Info  kasih tau. Selebihnya cari tau sendiri.
3. Dunia Lain
Ini salah satu acara TV yang fenomenal, terkenal dengan Uji Nyali-nya. Tayang di TransTv dengan host Harry Panca. Sempet bikin heboh katanya di salah satu episodenya pernah ada penampakan. Bahkan banyak peserta uji nyali yang mengalami kesurupan. Acara ini muncul di taun 2000-an. Sempet ngilang dari peredaran tapi sekarang muncul lagi dengan nama baru (yang sebenernya lama): (Masih) Dunia Lain. Tapi host-nya udah bukan Harry Panca. Kalo dulu uji nyalinya cuma sehari, sekarang dua hari berturut-turut dan menggunakan alat yang dapat mendeteksi langsung keberadaan makhluk gaib. Hiiiyyy…ngeri!
4. Silet
Silet adalah sebuah acara televisi di RCTI. Acara ini mengungkapkan fakta-fakta berupa kejadian seputar misteri, kehidupan para selebriti, kehidupan para politikus, atau tragedi yang mengguncang kehidupan. Disiarin tiap hari pada pukul 17.30 sampe 18.30 WIB. FYI, tayangan Silet pernah dijatuhin sanksi administratif berupa penghentian sementara oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena telah menimbulkan keresahan, kepanikan, ketakutan, trauma, dan menambah penderitaan terhadap korban, keluarga dan masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana alam Gunung Merapi. Kenapa dijatuhi sanksi? Karena isi tayangan berupa informasi ramalan dengan narasi dan gambar yang menyesatkan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait musibah bencana alam Gunung Merapi. Nah,  Silet yang udah dihentikan KPI diganti jadi Intens. Tapi, di tahun 2011, Silet udah tayang lagi setiap hari pukul 17.30.
Ada yang jadi penonton setia acara-acara tadi nggak, baik dulu atau sekarang?
Thank you NYUNYU :)