multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

5 Tips Agar Cepat Sembuh Dari Sakit

5 Tips Agar Cepat Sembuh Dari Sakit
Sembuh Dari Sakit
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 5 Tips Agar Cepat Sembuh Dari Sakit - Sakit bukanlah hal yang menyenangkan. Selain membuat badan tak berdaya, sakit terlalu lama juga dapat mengurangi produktivitas Anda. Agar tak berlama-lama terbaring lemas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar cepat pulih dari sakit.

Sembuh cepat dari penyakit sangat penting agar tenaga Anda tidak terkuras dan bisa kembali melakukan aktivitas. Infeksi virus seperti demam berdarah, tifus atau cacar air biasanya memerlukan masa pemulihan yang lebih lama.

Cara-cara berikut dapat Anda lakukan agar cepat pulih dari sakit, seperti dilansir boldsky, Sabtu (4/8/2012):

1. Cukup istirahat

Anda tak perlu menjadi superhero ketika sakit. Cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin. Tubuh akan mendapatkan kekuatan hanya ketika Anda mendapat istirahat yang tepat. Jadi, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang tidak penting sampai Anda cukup kuat.

2. Makan makanan yang memberikan energi

Beberapa makanan seperti sup ayam, telur, susu dan lainnya dapat meningkatkan kekuatan. Ada juga suplemen gizi buatan seperti bubuk protein dan biskuit serat yang membantu Anda memperoleh kembali kekuatan.

3. Perbaiki sistem pencernaan

Anda mungkin memiliki masalah pencernaan parah selama masa pemulihan. Pertama, makanlah makanan yang mudah dicerna, jangan makan makanan pedas, asam atau berlemak, serta makanlah dengan interval waktu yang pendek.

Beberapa obat-obatan kuat dapat membunuh bakteri alami perut yang membuat sistem pencernaan melemah. Untuk itu, yogurt atau dadih bisa membantu menumbuhkan kembali bakteri baik usus.

4. Jangan biarkan lesu menguasai tubuh

Seringkali ketika hanya tergeletak di rumah selama berhari-hari, itu akan membuat Anda merasa malas. Kondisi ini bukan karena lelah, tapi lesu dan Anda harus berjuang jika ingin kembali pulih.

Istirahat sebanyak yang diperlukan, tetapi tetap melakukan hal-hal dasar seperti mandi, berjalan di sekitar rumah atau ganti pakaian Anda sendiri.

5. Konsumsi suplemen

Tubuh biasanya akan kekurangan vitamin setelah menderita penyakit berat, karena makan tidak benar sehingga menguras cadangan vitamin dan mineral dari tubuh.

Misalnya, malaria memakan hemoglobin sehingga Anda memerlukan tablet zat besi. Untuk bisa kembali kuat, tubuh membutuhkan beberapa tambahan vitamin untuk meningkatkan kesehatan secara umum. - 5 Tips Agar Cepat Sembuh Dari Sakit.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive