Tawuran di masa remaja

Tawuran… Apakah itu? Sering orang mengatakan bahwa tawuran merupakan perkelahian antar siswa maupun antar genk/grup yang dibentuk oleh siswa. Kita sebagai siswa baik SMP maupun SMA mempunyai rasa emosi yang tinggi. Pada masa-masa seperti inilah kita sedang diuji dalam melatih kesabaran.
Dari dulu hingga sekarang tawuran masih tetap terdengar di telinga kita terutama untuk pelajar. Setelah kami teliti lebih dalam tentang hal ini maka 8 dari 10 orang mengatakan bahwa tawuran dapat saja terjadi akibat poin-poin berikut ini :
* Kesalahpahaman antar siswa yang menimbulkan emosi
* Cemburu oleh karena suatu hal terutama pasangan kita
* Merasa paling berkuasa dari semua siswa yang ada
* Faktor psikologis yang membuat sebagian dari siswa berpikiran untuk melakukan lebih selain belajar
Bagaimana cara mengatasinya???
* Kesadaran dari diri sendiri merupakan peran utama hal tersebut
* Bisa membedakan mana yang baik dan mana yang untung bagi diri kita maupun orang lain
*Mendekatkan diri kepada orang tua dan selalu membuka isi hati agar mental dan jiwa kita dapat terbuka
* Tindak tegas dari pihak sekolah yang melakukan tawuran tersebut
Hal tersebut di atas dinilai sangat tidak etis bagi kita yang telah memahami akibat-akibat dan kerugian dari tawuran. Selain dapat merugikan diri sendiri, tawuran juga dapat merugikan orang banyak misalnya orang tua siswa, pihak sekolah maupun pihak-pihak yang berwajib seperti aparat keamanan.
Maka dari itu,kita sebagai siswa SMP maupun SMA harus mengerti arti tawuran sebenarnya dari penjelasan di atas. Kita harus tahu mana yang untung dan mana yang rugi. Sehingga untuk generasi berikutnya akan jarang terdengar kata “tawuran pelajar” lagi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...