Tata Cara Tayamum

Tayamum dilakukan ketika kita ingin bersuci tetapi tidak bisa menggunakan air atau tidak ada air. Tayamum ini adalah pengganti Wudhu untuk persiapan ibadah, seperti Sholat Dhuha, dan lain-lain. Adapun dalil yang membolehkan tayamum adalah Firman Allah dalam Qur'an:

Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih). sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu.. (al Ma’idah: 6)

Tata Cara Tayamum - Tidak Ada Air
Nah, berikut adalah Tata Cara Tayamum sesuai dengan ajaran Rasulullah:

“Dari Ammar bin Yasir radhiallahu ‘anhu, beliau menceritakan, ‘Saya pernah junub dan tidak mendapatkan air. Akhirnya, saya berguling-guling di tanah, kemudian saya melaksanakan shalat. Lalu, saya ceritakan hal itu kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau pun bersabda, ‘Kamu cukup melakukan seperti ini (beliau menepukkan kedua telapak tangannya di tanah, lalu beliau meniupnya, kemudian beliau usapkan di wajah dan dua telapak tangan [sampai pergelangan]).”” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diperbolehkan juga untuk bertayamum dengan menggunakan tembok, berdasakan hadis dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertayamum dengan menggunakan tembok, yaitu dengan mengusapkan telapak tangan ke tembok, kemudian beliau usapkan ke wajah dan telapak tangan (sampai pergelangan). (HR. Bukhari dan Muslim)


Nah, begitu lah Islam memudahkan kita dalam urusan bersuci untuk beribadah. Semoga Tata Cara Tayamum di atas dapat membantu Anda dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...