multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tata Cara Wudhu

Sebelum mengerjakan sholat, seperti Sholat Dhuha atau Sholat Tahajud, terlebih dahulu kita harus tahu Tata Cara Wudhu yang baik dan benar. Berikut ini adalah Tata Cara Wudhu sesuai syariat. Nah, tata cara wudhu menurut syariat adalah sebagai berikut:

Tata Cara Wudhu
- Menuangkan air dari bejana (gayung) untuk mencuci telapak tangan sebanyak tiga kali ;

- Kemudian menyiduk air dengan tangan kanan lalu berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung dan mengeluarkannya sebanyak tiga kali ;

- Kemudian membasuh wajah sebanyak tiga kali ;

- Kemudian mencuci kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali ;

- Kemudian mengusap kepala dan kedua telinga sekali usap ;

- Kemudian mencuci kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali. Ia boleh membasuhnya sebanyak dua kali atau mencukupkan sekali basuhan saja.

Setelah itu hendaknya ia berdoa:

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, Allahummaj ‘alni minat tawwabiin waj’alni minal mutathahhiriin.”

Artinya: “Saya bersaksi bahwa tiada ilaah yang berhak disembah dengan benar selain Allah semata tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Yaa Allah jadikanlah hamba termasuk orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri.“

Adapun sebelumnya hendaklah ia mengucapkan ‘bismillah’ berdasarkan hadits yang berbunyi:

“Tidak sempurna wudhu’ yang tidak dimulai dengan membaca asma Allah (bismillah).” (H.R At-Tirmidzi 56)

Semoga informasi Tata Cara Wudhu di atas bermanfaat untuk Anda yang akan melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Semoga semua amal kita diterima Allah SWT.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive