multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

RANCANGAN PEMBELAJARAN HIDUP SEHAT USIA LANJUT

I.     Diagnosa Keperawatan
Kurangnya pengetahuan usia lanjut tentang hidup sehat berhubungan dengan kurang terpaparnya informasi.
II.   Tujuan Pembelajaran
1.       Tujuan Umum
Setelah mendapat pendidikan kesehatan diharapkan para usia lanjut dapat memahami dan mengetahui tentang hidup sehat usia lanjut.
2.       Tujuan Khusus
Setelah menerima pendidikan selama 1 x 15 menit para usia lanjut akan dapat
a.. menjelaskan pengertian usia lanjut
b. Menjelaskan mengapa perlu hidup sehat
c. Menjelaskan apa yang harus dilakukan agar usia lanjut hidup sehat
III. Materi Belajar
a. Pengertian  usia lanjut
b.. mengapa perlu hidup sehat
C. Apa yang harus dilakukan agar usia lanjut hidup sehat
IV. Metode Belajar
      Metode Ceramah
      Materi yang digunakan untuk menyampaikan materi diatas :
V.   Alat  Bantu belajar
1.       Leaflet
2.       White board
VI. Evaluasi Belajar
      Evaluasi belajar dilakukan selama proses belajar dan pada akhir pendidikan kesehatan cara evaluasi dilakukan dengan melakukan mengajukan pertanyaan.
1.       Siapa yang disebut usia lnajut
2.       Mengapa perlu hidup sehat diusia lanjut
3.       Apa yang harus dilakukan agar usia lanjut hidup sehat


URAIAN MATERI

1.       Pengertian Usia Lanjut
Usia lanjut adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun .
2.       Mengapa perlu hidup sehat
Dengan hidup sehat usia lanjut dapat mencapai masa tua yang bahagia dan berdayaguna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.
3.       Apa yang harus dulakukan agar usia lanjut hidup sehat
a. perkuat ketaqwaam kepada Tuhan YME
b. Pelihara kebersihan pribadi dan lingkungan
c. periksa kesehatan secara berkala
d. makan hidangan menurut pola menu seimbang
e. jaga dan tingkatkan aktifitas fisik dan kebugaran jasmani
f. kembangkan kegemaran atau hobi sesuai kemampuan
g. Hindari resiko terjadinya kecelakaan

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive