multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Kilas Balik La Liga Spanyol 2011


JANUARI
   
Dalam pertandingan menghadapi Levante pada awal tahun, nama Xavi resmi tercatat dalam tinta emas sejarah Barcelona. Sang otak permainan menorehkan penampilan ke-549 bagi klub sekaligus menyamai rekor Migueli. Hingga saat ini, Xavi menjadi Mr. Barcelona dengan torehan 602 penampilan di partai resmi, dengan 398 di antaranya tercipta di ajang La Liga.
   
Xavi juga menggenapi dominasi Barcelona di pentas pemilihan FIFA Ballon d'Or 2010. Ia berada di peringkat ketiga di bawah sang pemain terbaik Lionel Messi dan runner-up Andres Iniesta. Di sektor pelatih, Jose Murinho ( bos Madrid ) terpilih sebagai nomor satu agen bola.
   
FEBRUARI
   
Cerita soal pelatih menghiasi bulan kedua 2011. Marcelino Garcia Toral resmi ditunjuk sebagai pelatih Racing menggantikan Miguel Angel Portugal. Itulah pergantian arsitek keempat di la Liga. Tak lama berselang, Jose Luis Mendilibar ditunjuk sebagai pelatih Ossasuna menggantikan Jose Antonio Camacho.
   
Barcelona pun ikut membuat cerita. Segenap suporter Tim Catalan merasakan kegembiraan luar biasa begitu mendengar pembicaraan perpanjangan kontrak pelatih penanda tanganan perpanjangan kerja sama berdurasi setahun dilakukan 22 Februari.
   
MARET
   
Sergio Aguero berhasil menghapus memori suporter Atletico terhadap Fernando Torres. Dalam kekalahan 1-2 kontra Madrid, pemain Argentina tersebut mencetak gol ke-92 bagi Los Colchoneros alis unggul sebiji dari torehan Torres. Hebatnya, Augero hanya butuh empat musim dan 223 partai resmi untuk melakukannya, sementara Torres memerlukan tujuh musim dan 249 laga. Sisi humanis diperlihatkan oleh Valencia. Pasukan kelelawar Mestalla memperlihatkan simpati mereka atas bencana gempa bumi dan tsunami Jepang yang menimbulkan korban tak kurang dari 10 ribu jiwa. Dalam laga kontra Sevilla (20/3), pemain Valencia mengenakan jarsey dengan nama pemain yang ditulis dalam huruf kanji khas Jepang
agen bola.
   
APRIL
   
Kekalahan 0-1 saat menjamu Gijon menjadi akhir rekor gemilang Jose Mourinho. Itulah kekalahan kandang pertama yang dialami dalam sembilan tahun terakhir (150 partai). Pada pertandingan lain, Roberto Soldado juga menorehkan prestasi manis bagi Valencia. Sang bomber mencetak empat gol sekaligus dalam kemenangan 4-2 versus Getafe. Soldagol pun menjadi pemain Valencia pertama yang berhasil mencetak quattrick setelah Mario Kempes pada 1977/78.
   
Jose Luis Oltra menjadi pelatih pelatih kedelapan yang dipecat saat kompetisi domestik sudah bergulir. Posisinya di Almeria digantikan oleh Roberto Olabe.
   
MEI
   
Prediksi banyak pihak, termasuk BOLA, bahwa Real Madrid akan meraih gelar tidak menjadi kenyataan. Justru Barcelona yang sukses merebut gelar ketiga secara beruntun di bawah Komando Pep Guardiola.
   
Madrid juga punya cerita. Direktur Umum Jorge Valdano akhirnya dilepas akibat rentetan perseteruannya dengan pelatih Jose Mourinho.
   
Dari Atletico, Mei menjadi awal mula penggembosan tim. Pelatih Quique Sanchez Flores akhirnya mengumumkan rencana pengunduran dirinya. Tak cukup sampai disitu, bomber Sergio Aguero mendelarasikan niatnya untuk hengkang dari Vicente Calderon.
   
JUNI
   
Persiapan menjelang musim 2011/12 dimulai dari sektor pelatih. Sebanyak enam klub mengontrak pelatih baru, yakni Atletico (Gregorio Manzano), Sevilla (Marcelino Garcia Toral), Sociedad (Philippe Montainer), Getafe (Luis Garcia Plza), Racing (Hector Cuper), Levante (Juan Ignacio Martinez). Dari Barcelona, bangunan lama akademi La Masia akhirnya ditutup untuk selamanya tepat di akhir Juni. Asrama ini diganti dengan fasilitas anyar seluas 5 ribu meter per segi di Ciutat Esportiva Joan Gamper 
agen bola.
   
Bergeser ke kota Madrid, kiper David de Gea resni melepaskan kostum Atletico untuk menguji peruntungan bersama Man. United di Liga Primer.
   
JULI
   
Gelombang perpindahan pemain dari dan ke klub La Liga dimuai Barcelona merekrut Alexis Sanches dari Udinese, Madrid mendapatkan Raphael Varane dan Fabio Coentrao untuk melengkapi kehadiran Nuri Sahin serta Hamit Altintop menuju Man. City dan Bojan cabut dari Barca ke AS Roma. Pergantian di level petinggi klub juga meramaikan Juli. Zinedine Zidane akhirnya resmi mengisi pos Direktur Olah Raga Madrid yang ditinggal Jorge Valdano. Dari Bilbao, pemilihan presiden dimenangi oleh Josu Urrutia, yang kemudian mendepak pelatih Joaquin Caparros dan menggantinya dengan Marcelo Bielsa.
   
AGUSTUS
   
Transfer pemain bintang masih terjadi. Bulan ini, Cesc Fabregas akhirnya kembail menjalin cinta lamanya dengan Barcelona, Radamel Falcao berlabuh di Atletico, dan Daniel Guiza kembali ke La Liga bersama Getafe. Di sisi lain, Diego Forlan meninggalkan Atletico menuju Inter dan Juan Mata melepas kostum Valencia serta menggantinya dengan Chelsea.
   
Musim 2011/12 La Liga yang semestinya dimulai pada 20 Agustus mesti tertunda sepekan akibat pemogokan yang diusung oleh Asosiasi Pesepak Bola Spanyol. Dalam argumennya, AFE menginginkan adanya tuntutan pembayaran upah musim lalu yang mencapai 50 juta euro.
   
SEPTEMBER   
Bulan September dihiasi dengan gebrakan Jose Maria den Nido terkait pembagian hak siar kontestan Liga Spanyol. Presiden Sevilla ini menggugat jatah 50% dari total pendapatan hak siar senilai 600 juta euro hanya kepada Barcelona dan Madrid. Menurut Del Nido, ketidakadilan seperti ini yang membuat klub-klub lain tak kunjung bisa menyaingi kemampuan finansial kedua raksasa Negeri Matador tersebut.
   
Del Nido lantas memrakarsai pertemuan 18 petinggi klub La Liga selain Madrid dan Barca di markas Los Nervionense, stadion Ramon Sanchez Pizjuan, pada awal bulan. Namun, perwakilan Sociedad, Vallecano, Getafe, Mallorca, Levante, dan Gijon tak hadir.
   
OKTOBER
   
Pada awal bulan, Mallorca menjadi kontestan La Liga pertama yang menunjukkan pelatih baru. Adalah Joaquin Caparros yang digaet menggantikan caretaker Miguel Angel Nadal. Adapun penunjukan Nadal pada akhr September dilakukan setelah pelatih utama Michael Laudrup mengundurkan diri. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akhirnya menjatuhkan sanksi dua partai terhadap Jose Mourinho dan satu laga terhadap asisten pelatih Barcelona Tito Vilanova terkait insiden di Piala Super Spanyol ketika Mou mencolok mata Vilanova di tengah keributan antar pemain kedua klub. Selain itu, masing-masing dikenai denda 600 euro.
   
NOVEMBER
   
Kekalahan perdana Levante tepat di akhir bulan lalu, sekaligus menandai berakhirnya kejutan Los Granotes di La Liga, masih berlanjut hingga November. Dalam tiga pertarungan berikutnya, tim besutan Juan Ignacio Martinez dipaksa menelan sepasang kekalahan. Tak banyak cerita menarik dari pentas Liga Spanyol pada bulan ini. Salah satu yang agak unik adalah dihentikannya duek jornada ke-12 antara Granada versus Mallorca akibat asisten wasit Xavi Aguikar terluka akibat lemparan payung. Setelah diselidiki, pelakunya ternyata bocah blasan tahun yang kehilangan pegangan pada payungnya. Dari Espanyol, remaja Indonesia Arthur Irawan bergabung dengan akademi junior Los Periquitos.
   
DESEMBER
   
Satu-satunya pusat perhatian di akhir tahun adalah duel el-clasico edisi perdana antara Madrid kontra Barcelona di Santiago Bernabeu. Kubu tuan rumah digadang-gadang bakal keluar sebagai pemenang mengingat kekuatan tim asuhan Jose Mouriho musim ini sangat luar biasa. Apa hendak dikata, suporter Los Blancos lagi-lagi dipaksa terdiam akibat kekalahan 1-3, meski sempat unggul lebih dahulu di awal pertandingan.
   
Periode akhir tahun juga dihiasi dengan hengkangnya dua pelatih dari tim besar. Juan Carlos Garrido dipecat oleh petinggi Villareal dan digantikan Jose Fransisco Molina, sementara Diego Simeone mengganti Gregorio Monzano di Atletico.

 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive