multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Wow, Di China 12 Orang Di Vonis Mati Setiap Harinya?

Wow, Di China 12 Orang Di Vonis Mati Setiap Harinya?
Apakah ini itu - Pemerintah China menjatuhkan vonis mati kepada 12 pelaku tindak kejahatan dalam sehari pada Kamis, 29 Desember 2011. Langkah ini semakin meneguhkan posisi China sebagai negara penghukum mati terbanyak di dunia.

Seperti diberitakan Xinhua, ke-12 orang tersebut didakwa atas berbagai kasus yang berbeda. Kebanyakan adalah pembunuhan dan perampokan. Salah satu dari tersangka adalah Liu Zhuiheng, pelaku pengeboman kantor pajak di kota Changsha, Provinsi Hunan, Juli tahun lalu.

Aksi Liu ini menewaskan empat orang dan melukai 17 lainnya. Lelaki 52 tahun ini juga menyulut amarah para pelaku bisnis yang merugi akibat aksinya.

Vonis mati Ke-12 orang ini disetujui oleh Mahkamah Agung China. Ini adalah prosedur resmi pelaksanaan hukuman mati di negara tersebut. Sesudah disetujui, biasanya eksekusi dilakukan tidak lama lagi.

China tercatat adalah negara dengan hukuman mati terbanyak di seluruh dunia. MenurutAmnesty International, tahun lalu China mengeksekusi mati sebanyak 68 orang. Namun, hal ini dibantah oleh laporan terbaru lembaga think-tank China yang berbasis di Washington, Dui Hua.

Menurut lembaga ini, tidak ada yang tahu pasti jumlah tereksekusi mati di China, karena itu merupakan rahasia negara. Jumlahnya diperkirakan luar biasa, sekitar 4.000 orang per tahunnya.

Jumlah ini, tulis Dui Hua dalam laporannya, sudah berkurang setengahnya dibanding sebelum tahun 2007 yang mencapai 8.000 orang per tahun. (eh)



ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumberhttp://www.osserem.me/2011/12/dalam-sehari-china-vonis-mati-12-orang.html

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive