multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tips Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut

Berikut ini adalah tips pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang penting untuk dilakukan agar terhindar masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut.

1. Bersihkan gigi secara teratur
Tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan atau menghambat pertumbuhan plak, membersihkan gigi dari makanan, debris dan pewarnaan, menstimulasi jaringan gusi, dan mengaplikasikan pasta gigi yang mengandung suatu bahan khusus untuk mencegah lubang gigi, penyakit periodontal, maupun mengurangi sensitivitas. Waktu menyikat gigi yang tepat adalah setiap habis makan dan sebelum tidur malam. Lamanya menyikat gigi kurang lebih 2 menit, dengan 5-10 gerakan untuk setiap bagian. Agar pembersihan pada daerah celah diantara dua gigi lebih maksimal, dianjurkan menggunakan benang gigi (dental floss). Selain gigi, penyikatan pada lidah juga perlu dilakukan untuk membersihkan lidah dari kotoran yang dapat menyebabkan bau mulut. Untuk lebih mengetahui cara menyikat gigi yang benar bisa membaca artikel sebelumnya disini Tips Membersihkan Gigi

2. Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
Makanan yang manis dan lengket seperti permen, es, caramel, minuman bersoda dan lain-lain dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi. Perbanyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi karena didalamnya mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Contohnya adalah brokoli, semangka, jeruk, apel dan sebagainya. Selain itu perlu juga menghindari makanan-makanan yang terlalu panas atau dingin, makanan yang dapat menimbulkan bau mulut serta hindari rokok.

3. Periksakanlah gigi secara rutin
Pemeriksaan gigi secara berkala dengan mengunjungi dokter gigi perlu dilakukan minimal enam bulan sekali. Agar masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut yang ada dapat segera diatasi sedini mungkin. Jangan menunggu hingga muncul keluhan.

Dengan melakukan tiga tips diatas maka kesehatan gigi anda dapat terjaga dengan baik.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive