multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Pakaian Adat Aceh

Sedikit Informasi tentang budaya Indonesaia yang beraneka ragam dengan anek ka baju adat, nahhh berikut adalah baju adat aceh untuk infonya silahkan di simak sebagai berikut. Pakaian Adat Tradisional Daerah Aceh Ada hal yang menarik kalau melihat pakaian adat Aceh, pakaian adat tradisional daerah Aceh akan dilengkapi dengan beragam pernak pernik dan umumnya sering dikenakan pada saat ada acara-acara tertentu. Dengan adanya pernak pernik ini, tampilan pakaian tradisional daerah Aceh terlihat tampak mewah sekali. Yuk kita kenali kebudayaan Aceh melalui baju adat Nanggroe Aceh Darussalam.

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau yang lebih dikenal dengan Serambi Mekah mempunyai kekayaan budaya yang banyak dipengaruhi oleh agama Islam. Provinsi yang pusat pemerintahannya berada di Banda Aceh ini telah melahirkan beberapa Pahlawan Nasional yang jasa dan namanya masih terus dikenang hingga saat ini, seperti : Cut Nyak Dhien, Cik Ditiro, Cut Nyak Meutia, dll.

Penting bagi kita untuk mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan Provisni Nanggroe Aceh Darussalam ini termasuk baju adat daerahnya. Berikut ini akan dijelaskan Baju adat daerah Aceh
 

 
BAJU ADAT TRADISIONAL PRIA ACEH  :
  • Pria memakai BAJE MEUKASAH atau baju jas leher tertutup. Ada sulaman keemasan menghiasi krah baju.
  • Jas ini dilengkapi celana panjang yang disebut CEKAK MUSANG.
  • Kain sarung (IJA LAMGUGAP) dilipat di pinggang berkesan gagah. Kain sarung ini terbuat dari sutra yang disongket.
  • Sebilah rencong atau SIWAH berkepala emas / perak dan berhiaskan permata diselipkan di ikat pinggang.
  • Bagian kepala ditutupi kopiah yang populer disebut MAKUTUP.
  • Tutup kepala ini dililit oleh TANGKULOK atau TOMPOK dari emas. TANGKULOK ini terbuat dari kain tenunan. TOMPOK ialah hiasan bintang persegi 8, bertingkat, dan terbuat dari logam mulia
 

BAJU ADAT WANITA ACEH :
  • Wanita mengenakan baju kurung berlengan panjang hingga sepinggul. Krah bajunya sangat unik menyerupai krah baju khas china.
  • Celana cekak musang dan sarung (IJA PINGGANG) bercorak yang dilipat sampai lutut. Corak pada sarung ini bersulam emas.
  • Perhiasan yang dipakai : kalung disebut KULA. Ada pula hiasan lain seperti : Gelang tangan, Gelang kaki, Anting, dan ikat pinggang (PENDING) berwarna emas.
  • Bagian rembut ditarik ke atas membentuk sanggul kecil dengan hiasan kecil bercorak bunga
Gambar Pakaian Adat Tradisional Daerah Nanggroe Aceh Darussalam.

Pakaian Adat Aceh


Baju Adat Aceh

Busana Tradisional Daerah Aceh



Pada jaman dulu pelapisan terhadap status sosial yang terdapat di masyarakat Aceh, khususnya daerah Aceh Barat telah menyebabkan baju adat Aceh Barat tampil dalam beragam variasi diantaranya adalah pakaian :

1. Ulee Balang, busana untuk para raja beserta keluarganya
2. Ulee Balang busana untuk Cut dan para Ulama
3. Patut-patut (pejabat negara), pakaian untuk para tokoh masyarakat cerdik pandai
4. Rakyat jelata

Busana adat Aceh yang menonjol sekarang ini adalah yang pakaian adat tradisional yang dikenakan pada saat ada upacara adat perkawinan, khususnya karena akibat munculnya kembali apresiasi masyarakat terhadap budaya ash daerah akhir-­akhir ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive