multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Kurus Juga Beresiko Terserang Penyakit Jantung

Kurus Juga Beresiko Terserang Penyakit Jantung
Kurus
Kurus Juga Beresiko Terserang Penyakit Jantung - Orang yang memiliki tubuh kurus kadang berpikir dirinya bebas dari risiko penyakit jantung. Tapi jangan senang dulu, karena meski badannya kurus sebenarnya ia tetap berisiko memiliki lemak jantung. Para peneliti menemukan orang-orang yang memiliki lebih sedikit lemak subkutan atau lemak yang berada tepat di bawah kulit (kurus), pada intinya tetap memiliki lemak visceral.

"Lemak visceral ini akan terbentuk di sekitar jantung dan organ lain yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan kegagalan organ," ujar David Karasik, PhD, peneliti dan direktur Harvard-affiliated Institute for Aging Research, seperti dikutip dari Menshealth, Selasa (3/4/2012).

Hal ini dikarenakan para peneliti telah berhasil mengidentifikasi varian gen yang terkait dengan peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat), menurunkan HDL (kolesterol baik) dan meningkatnya resistensi insulin.

"Orang yang secara genetik bertubuh kurus tapi memiliki varian gen ini tetap saja akan membangun lemak visceral yang banyak terutama jika konsumsi junk food," ujar Karasik.

Kurus juga beresiko terserang penyakit jantung. Selain itu orang yang memiliki badan kurus juga belum tentu kadar kolesterolnya rendah, karena kolesterol adalah lemak yang berada di dalam darah dan bukan yang ada di bawah kulit. Sedangkan untuk orang yang gemuk atau obesitas memang cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi karena ia mengalami resistensi insulin yang membuat metabolisme lemaknya berubah.

Untuk menurunkan kadar lemak visceral ini salah satunya adalah dengan mengonsumsi banyak serat dari buah-buahan dan sayur seperti apel, sayuran hijau dan juga kacang polong - Artikel informasi kesehatan Kurus Juga Beresiko Terserang Penyakit Jantung.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive