multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Bakteri Usus Bisa Dijadikan Obat Obesitas

Bakteri Usus Bisa Dijadikan Obat Obesitas
Obesitas
Artikel Informasi Kesehatan Bakteri Usus Bisa Dijadikan Obat Obesitas - Obesitas atau kegemukan sudah menjadi wabah di seluruh dunia. Untuk mengatasinya, para ilmuwan pun memburu 'obat' yang berasal dari dalam perut mayat mumi 3.000 tahun yang lalu.

Para ilmuwan percaya bahwa salah satu penyebab mewabahnya obesitas saat ini adalah karena antibiotik, yang telah mengubah flora usus alami yang hidup dalam tubuh manusia.

Bakteri usus bisa dijadikan obat obesitas. Dengan demikian, ilmuwan sedang berusaha mencari 'obat' yang mungkin bisa mengatasi obesitas yaitu dengan bakteri kuno yang berasal dari masa sebelum antibiotik ada.

Salah satu sumber bakteri tersebut adalah kotoran dari tubuh mumi, menurut laporan New Scientist, seperti dilansir Dailymail, Selasa (3/4/2012).

Sebuah tim ilmuwan dari University of Oklahoma telah mulai mengeluarkan kotoran dari tanah kuno di gua-gua dan dari sampel yang ditemukan di usus mumi dari Amerika Utara dan Selatan.

Ilmuwan menemukan bahwa DNA bakteri dalam sampel sangat berbeda dengan sampel yang sama di masa sekarang. Sampel dalam penelitian lebih mirip dengan primata non manusia seperti simpanse.

"Bakteri ini terlihat berbeda. Hipotesis pertama saya adalah air yang mengandung klor dan antibiotik secara mendasar mengubah mikroba manusia," jelas Cecil Lewis dari University of Oklahoma.

Menurutnya, hubungan antara antibiotik dan obesitas penting untuk dieksplorasi. Masih terlalu dini mengatakan bakteri kuno dapat menjadi ide yang baik untuk mengatasi obesitas, tetapi ide ini tentu penting untuk dilakukan investigasi lebih lanjut - Bakteri Usus Bisa Dijadikan Obat Obesitas.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive