multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Macam Sistem Operasi (Kelebihan dan Kekurangan), Alat dan Bahan dalam melakukan penginstalan, Pensetingan sistem BIOS

sistem Operasi adalah Perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi tersebut dijalankan. Ketika sebuah aplikasi mebutuhkan akses ke perangkat keras, misalnya saat menyimpan data ke disk, maka proses tersebut dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi.Macam – macam Sistem Operasi : 
1. UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh
Universitas California, Berkeley.
 keuntungan unix unix merupakan basis dari berbagai operating sistem yang ada sekarang. penggunaan unix sangat luas, mulai dari komputer server, router, ATM, Desktop, sampai Hollywood. sebagai informasi saja, industri perfilman ternyata menggunakan operating sistem unix like untuk kebutuhan digital imaging mereka. film-film yang penuh efek 3d di proses menggunakan OS unix. kenapa unix? karena unix lebih mudah di kostumisasi sesuai kebutuhan. lalu siapa yang menggunakan unix? banyak sekali yang menggunakan unix untuk berbagai kebutuhan, dari mulai network engineer sampai seorang artis. banyak sekali keuntungan menggunakan unix. Tapi selain kelebihan UNIX juga punya kelemahan yaitu penggunaannya yang kurang familiar.
KERUGIANNYA:
perintah-perintah pengoprasian relatif panjang 

2. Linux Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun. keuntungan linux Biaya - yang paling jelas Keuntungan menggunakan Linux adalah kenyataan bahwa ia bebas untuk memperoleh, sementara produk Microsoft yang tersedia untuk yang besar dan kuat dan kadang-kadang biaya berulang. Microsoft lisensi biasanya hanya boleh diinstal pada satu komputer, sedangkan distribusi Linux dapat diinstal pada sejumlah komputer, tanpa membayar satu sen. Kekurangan Linux: Memahami - Menjadi akrab dengan sistem operasi Linux memerlukan kesabaran serta kurva belajar yang kuat. Anda harus memiliki keinginan untuk membaca dan memikirkan hal-hal yang keluar pada Anda sendiri, daripada memiliki segala sesuatu yang dilakukan untuk Anda. Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. 3. Mac OS Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. 4. FreeBSD FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan. 
5. SUN OS
 SUN OS adalah sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang dirilis pada tahun 1982. Setelah merilis SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapatkan lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5. Sehingga, secara tidak langsung, SunOS pun dianggap sebagai Solaris versi 1.x. 6. Windows Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface). 
keuntungan windows
 Windows adalah sistem operasi yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang karena kemudah yang didapat dari sistem operasi ini. Salah satu kemudahan yang di dapat adalah jika terjadi kerusakan kita dapat dengan mudah memperbaiki ataupun menginstal ulang. Tapi selain kelebihan ada kekurangan yang ada di windows yaitu jika kita ingin membeli yang original harganya sangat mahal dan juga 1 cd yang kita beli hanya untuk 1 komputer. Sehingga banyak sekali cd windows bajakan.

kekurangan windows
1. Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
2.Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.
3. Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
4. Dari kasus tersebut diatas, maka dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya.
Kelebihan Windows XP :
1. Bisa burning CD di WINDOWS XP
2. Harddisk Berkapasitas Besar
3. Banyak software yg kompatibel/ yg berjalan stabil
4. Instalasi software mudah
Kelemahan windows XP :
1. Mudah terkena virus
2. License aslinya mahal
3. Sistem kurang stabil
Kelebihan windows vista :
1. Vista jauh lebih cepat dibanding XP
2. Operating System berbasis Graphic
3. Banyak fitur canggih

Kelemahan windows vista :
1. untuk melakukan setiap transaksi datanya bisa menjadi lama
karena membutuhkan memory >512 mg
2. Membutuhkan spek yg cukup besar
3. Boros baterai untuk pengguna laptop
7. Novell Operating Sistem Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa. Kelebihan : 1. Sebagai software jaringan; 2. Kecepatan komunikasi antar PC dalam sebuah LAN (Local Area Network); 3. Manajemen jaringannya mudah; 4. Perangkat besar (space disk, memori) hanya pada computer yang digunakan sebagai server. Kelemahan : 1.Berbasis DOS sehingga mode operasinya tidak grafis. 
8.DOS
 Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.Kelebihan : 1. Pengoperasiannya mudah; 2. Space (ruang yang bebas dalam hardisk) yang dibutuhkan DOS tidak terlelu besar; 3. Tidak memerlukan memori yang besar; 4. Kompatibel pada hamper semua jenis software dan hardware. Kelemahan : 1. Mode operasinya dalam teks; 2. Tidak kompatibel pada beberapa program yang beroperasi dalam mode grafis.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive